Minggu, 23 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Wabup Siak Husni Merza Buka Aecara Resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 14 | | Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya, PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti | | FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak, Lomba Mancing Resmi Dibuka Bupati Alfedri | | Bantuan Ambulan dari Pemkab, Untuk Kampung Jauh Dari Puskesmas di Siak | | Ingat Sejarah Dalam Lestarikan Peradaban Dan Daya Tarik Wisata Sungai Jantan | | Kajati Provinsi Riau Membuka Wawasan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih di Kabupaten Siak, Dandim 0322/Siak Hadiri Pengarahan
 
Artikel
Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Dilingkungan Sekolah
Sabtu, 16-09-2023 - 23:19:14 WIB

TERKAIT:
   
 

DELIK RIAU - Banyak dilingkungan sekolah Paud anak -anak masih belum percaya diri atau belum  berani tampil  untuk kedepan kelas atau berbicara saat ibu guru bertanya, malu-malu, bahkan masih banyak nya lagi anak-anak masih menangis saat masuk kedalam kelas. 

Hal ini sering terjadi saat ajaran baru masuk sekolah. ini kadang-kadang membuat orang tua atau guru  tidak sabar mengahadapi anak-anak yang kurang percaya diri ini,  dalam hal ini sebenarnya masih terbilang lumrah, sebab anak-anak mungkin belum terbiasa bertemu dengan orang lain atau orang luar yang bukan anggota keluarganya.

Namun demikin kita sebagai guru pendidik juga tidak boleh membiarkan berlangsung secara terus menerus sebab akan berdampak pada tumbuh kembang anak kedepannya.

Naaah…. Bagaimana cara guru meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia Dini tersebut?? 

Berikut beberapa tips yang bisa guru lakukan yaitu :

1. Guru Menjadi panutan yang baik
Guru paud  merupakan panutan yang sempurna bagi anak-anaknya dan mereka meniru apa yang dilakukan oleh ibu guru. Guru bisa memberikan contoh  dengan melakukan apapun yang bunda kerjakan dengan benar dan menikmatinya setiap apa yang ditirukan ke anak selagi itu bersifat positif untuk anak, maka dari itu setiap apa yang guru ucapkan atau tingkah laku guru itu harus benar-benar bisa memberikan contoh atau model  yang baik untuk anak-anak karena akan berdampak untuk masa depan anak nantinya.

2. Beri pujian dengan bijak
Salah satu tips mendidik anak paud  agar percaya diri dan mandiri adalah dengan selalu merasa bangga terhadap anak murid , ibu guru bisa memberikan pujian. Namun pujian yang ibu guru berikan hendaknya sesuai dengan usaha yang dilakukan oleh sianak dan tidak berlebihan. Jangan mempermalukan mereka saat mereka mulai berani maju tampil kedepan  umum, jangan menertetawakan mereka apalagi sampai memarahi mereka, biasaya akan membuat mereka tidak mau untuk tampil lagi. Jadi hal yang harus kita lakukan tetaplah memujinya walau mereka masih malu-malu.

3. Guru membiarkan anak untuk mencoba hal-hal yang baru
Jika si anak telah berkompeten melakukan sesuatu, maka ibu guru bisa mendorongnya untuk mencoba hal – hal baru untuk ia kerjakan. Dengan demikian, ia terus belajar untuk menjadi kompeten dalam hal tersebut, tapi tetap dalam pengawasan ibu guru dengan apa yang ia lakukan.

4. Berikan kesempatan untuk belajar
Sejak bayi, si anak  sebenarnya sudah belajar untuk menjadi kompeten, dan itu berlangsung terus bahkan sampai saat ia dewasa nanti. Hal yang perlu ibu guru lakukan adalah memberi kesempatan baginya untuk belajar, karena ia tak akan menjadi bisa dalam waktu instan. Kemudian jangan biar kan anak mengucapkan kalimat “tidak bisa” setiap ia ingin melakukan kegiatan belajar . Coba lah biasakan kan dengan kalimat “ aku bisa” ibu guru terus meyakinkan anak tersebut jika ia mampu untuk mengerjakan hal yang ingin ia kerjakan.
Contohnya “berani maju tampil kedepan dihadapan teman dan guru untuk memimpin doa”.

5. Tunjukkan Bahwa ibu guru mencintainya 
Tips mendidik anak untuk percaya diri yang sangat penting adalah tunjukkan kepadanya bahwa apa pun yang terjadi, ibu guru akan selalu mencintainya karena “  ibu guru adalah model yang sempurna bagi anak-anak” Ini akan membuantya merasa diterima dengan segala kekuangan yang dimiliki. Contoh nya saat anak-anak masih menangis ditinggal orang tua saat antar diisekolah, kita yakinkan kepada anak tersebut bahwa kita juga ibu nya saat disekolah yang sama sama menyayanginya, kemudian dengan memeluk  dan mengusap kepala dengan sentuhan kasih sayang juga sangat penting karena akan meyakinkan anak-anak tersebut bahwa guru sangat perhatian, baik dan sangat menyayanginya.
Demikianlah tips-tips yang bisa saya tuliskan.

Semoga dengan tips ini dapat membantu ibu guru  semua yang  sedang mengahadapi anak -anak yang kurang percaya diri. (*)

Penulis: Kasriati, S.Pd



 
Berita Lainnya :
  • Cara Mendidik Anak Agar Percaya Diri Pada Anak Usia Dini Dilingkungan Sekolah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wabup Siak Husni Merza Buka Aecara Resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 14
    02 Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya, PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti
    03 FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak, Lomba Mancing Resmi Dibuka Bupati Alfedri
    04 Bantuan Ambulan dari Pemkab, Untuk Kampung Jauh Dari Puskesmas di Siak
    05 Ingat Sejarah Dalam Lestarikan Peradaban Dan Daya Tarik Wisata Sungai Jantan
    06 Kajati Provinsi Riau Membuka Wawasan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih di Kabupaten Siak, Dandim 0322/Siak Hadiri Pengarahan
    07 Puluhan Personil Polres Siak Goro Bersihkan Rumah Ibadah, Sambut Hari Bhayangkara Ke-78
    08 Bentuk Kepedulian Terhadap Warga Yang Membutuhkan, Polsek Minas Anjangsana Dan Berikan Bantuan Bansos
    09 Hut Bhayangkara Ke-78 Dan Menjelang PSU Pemilu 2024 Pastikan Aman Dan Kondusif, Polrea Meranti Laksanakan Patroli Blue Light
    10 Sambut Hari Bhayangkara ke 78 di Polres Siak, Lomba Polisi Cilik dan PBB tingkat SLTP Ikut Meriahkan
    11 Sosialisasi dari BPJS Kesehatan Personel Kodim 0322/Siak
    12 Peletakan Batu Pertama Gedung Penyimpanan dan Dermaga Kejaksaan Negeri Siak
    13 Kota Pariaman Salat Idul Adha Dipusatkan di Lapangan Merdeka
    14 Buka Turnamen TROFEO CUP 1 Laga Pertama All Start Melawan PT.KTU, Sekaligus Resmikan Stadion Mini Sri Bijuangsa
    15 Coba-Coba Jadi Bandit Jalanan, 14 Remaja Riau Begal Motor Dan Todongkan Pisau
    16 Usung Kasmarni-Bagus Santoso di Pilkada Bengkalis, PKB Terbitkan SK
    17 Panitia Kurban di Riau Temukan 2 Janin Dalam Perut Sapi Jantan
    18 Siak Salah Satu Tujuan Pelayaran KRI Dewaruci, Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024
    19 WNA Asal Jerman Diamankan Polsek Kuta, Lakukan Penganiayaan Dan Pengerusakan Villa
    20 Tembakan Peringatan, Residivis Bongkar Rumah Diringkus Polsek Minas
    21 Polsek Kuantan Hilir Berhasil Diringkus Dua Pelaku Narkoba
    22 Bantu Masyarakat Meranti, Aliansi Melayu Tionghua Berikan Sembako Murah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI