Minggu, 23 Juni 2024
Follow Us ON :
 
 
 
| Wabup Siak Husni Merza Buka Aecara Resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 14 | | Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya, PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti | | FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak, Lomba Mancing Resmi Dibuka Bupati Alfedri | | Bantuan Ambulan dari Pemkab, Untuk Kampung Jauh Dari Puskesmas di Siak | | Ingat Sejarah Dalam Lestarikan Peradaban Dan Daya Tarik Wisata Sungai Jantan | | Kajati Provinsi Riau Membuka Wawasan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih di Kabupaten Siak, Dandim 0322/Siak Hadiri Pengarahan
 
7 Manfaat Madu Untuk Wajah
Minggu, 28-05-2023 - 16:12:43 WIB

TERKAIT:
   
 

DELIK RIAU - Madu selain lezat untuk dikonsumsi ternyata memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Madu dipercaya sejak lama dapat membuat kulit wajah menjadi halus dan cerah. Selain itu madu juga dapat membantu mengatasi jerawat dan infeksi kulit serta berbagai manfaat lainnya untuk wajah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat
madu untuk wajah
yang perlu Anda ketahui.

1. Sifat Antimikroba dan Antiinflamasi
Madu mengandung senyawa seperti hidrogen peroksida, asam format, dan senyawa flavonoid yang memiliki sifat antimikroba. Ini berarti madu dapat membantu melawan pertumbuhan dan penyebaran mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan virus pada kulit wajah. Komponen antiinflamasi dalam madu membantu meredakan peradangan pada kulit wajah. Madu mengandung senyawa seperti flavonoid dan asam fenolat, yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan iritasi pada kulit.

2. Kelembapan dan Hidrasi 
Madu adalah bahan alami yang sangat baik untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Ia membantu menarik dan mengunci kelembapan, menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Sifat kelembapan dan hidrasi madu juga bermanfaat dalam menyembuhkan kulit yang kering atau teriritasi. Madu membantu melembapkan kulit yang kering, mengurangi ketidaknyamanan, dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Kelembapan yang diberikan oleh madu membuatnya cocok untuk berbagai jenis kulit seperti kulit kering, normal, bahkan kulit berminyak. Meskipun madu memiliki kandungan gula alami, namun sifatnya yang higroskopis tidak membuatnya menyebabkan kulit menjadi berminyak.

3. Efek Antioksidan 
Madu mengandung senyawa antioksidan, seperti polifenol, flavonoid, dan asam fenolat. Senyawa-senyawa ini membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan oleh faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, polusi lingkungan, dan stres oksidatif.
Dengan melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, senyawa antioksidan dalam madu membantu menjaga elastisitas kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini. Antioksidan dalam madu juga dapat membantu memperbaiki kerusakan sel yang terjadi akibat paparan sinar UV atau faktor lainnya.

4. Perawatan Jerawat
Madu dapat menjadi pilihan yang baik untuk perawatan jerawat karena sifat antimikroba dan antiinflamasi yang dimilikinya. Madu membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga risiko penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat dapat berkurang. Sifat antiinflamasi madu membantu meredakan peradangan dan kemerahan akibat jerawat. Selain itu madu juga memiliki sifat antimikroba yang membantu mengendalikan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat serta membantu mempercepat proses penyembuhan.

5. Mencerahkan Kulit
Madu dapat membantu mengurangi penampilan noda dan bekas jerawat pada kulit wajah. Kandungan antioksidan dalam madu membantu menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan memperburuk noda jerawat. Madu memiliki kemampuan untuk memberikan kilau alami pada kulit. Sifat hidratasi dan antioksidan madu juga bermanfaat dalam melembutkan dan menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit sehingga kulit terlihat segar dan cerah.

6. Efek Eksfoliasi Ringan
Kandungan enzim dalam madu, seperti glukosa oksidase, membantu mengangkat sel-sel kulit mati secara lembut. Eksfoliasi ini membantu memperbarui permukaan kulit dengan menghilangkan lapisan kulit yang kusam dan kering, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan bercahaya.
Selain mengangkat sel kulit mati, madu juga merangsang regenerasi sel kulit baru. Ini membantu mempercepat proses peremajaan kulit, meningkatkan tekstur kulit, dan memberikan tampilan yang lebih halus. Eksfoliasi dengan madu dapat membantu membuka pori-pori dan mempersiapkan kulit untuk penyerapan lebih baik dari produk perawatan kulit, seperti serum atau pelembap.

7. Meredakan Iritasi Kulit
Ketika kulit mengalami iritasi, sifat antiinflamasi madu dapat membantu meredakan kemerahan, pembengkakan, dan rasa gatal yang terkait dengan iritasi tersebut. Dengan mengaplikasikan madu pada kulit, ia dapat membantu menghidrasi kulit yang kering dan mencegah kehilangan kelembapan yang lebih lanjut.
Lapisan tipis madu yang tertinggal di permukaan kulit juga dapat memberikan perlindungan alami terhadap faktor-faktor lingkungan yang dapat memperburuk iritasi, seperti polusi atau paparan sinar matahari.



 
Berita Lainnya :
  • 7 Manfaat Madu Untuk Wajah
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wabup Siak Husni Merza Buka Aecara Resmi Musabaqoh Tilawatil Qur'an ke 14
    02 Polda Harus Usut Tuntas Sampai Keakarnya, PW IWO Riau Akan Kawal Penanganan Kasus 70 Ton Kayu Ilegal di Kepulauan Meranti
    03 FSS Dorongan Lestarikan Ekosistem Sungai Siak, Lomba Mancing Resmi Dibuka Bupati Alfedri
    04 Bantuan Ambulan dari Pemkab, Untuk Kampung Jauh Dari Puskesmas di Siak
    05 Ingat Sejarah Dalam Lestarikan Peradaban Dan Daya Tarik Wisata Sungai Jantan
    06 Kajati Provinsi Riau Membuka Wawasan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dan Bersih di Kabupaten Siak, Dandim 0322/Siak Hadiri Pengarahan
    07 Puluhan Personil Polres Siak Goro Bersihkan Rumah Ibadah, Sambut Hari Bhayangkara Ke-78
    08 Bentuk Kepedulian Terhadap Warga Yang Membutuhkan, Polsek Minas Anjangsana Dan Berikan Bantuan Bansos
    09 Hut Bhayangkara Ke-78 Dan Menjelang PSU Pemilu 2024 Pastikan Aman Dan Kondusif, Polrea Meranti Laksanakan Patroli Blue Light
    10 Sambut Hari Bhayangkara ke 78 di Polres Siak, Lomba Polisi Cilik dan PBB tingkat SLTP Ikut Meriahkan
    11 Sosialisasi dari BPJS Kesehatan Personel Kodim 0322/Siak
    12 Peletakan Batu Pertama Gedung Penyimpanan dan Dermaga Kejaksaan Negeri Siak
    13 Kota Pariaman Salat Idul Adha Dipusatkan di Lapangan Merdeka
    14 Buka Turnamen TROFEO CUP 1 Laga Pertama All Start Melawan PT.KTU, Sekaligus Resmikan Stadion Mini Sri Bijuangsa
    15 Coba-Coba Jadi Bandit Jalanan, 14 Remaja Riau Begal Motor Dan Todongkan Pisau
    16 Usung Kasmarni-Bagus Santoso di Pilkada Bengkalis, PKB Terbitkan SK
    17 Panitia Kurban di Riau Temukan 2 Janin Dalam Perut Sapi Jantan
    18 Siak Salah Satu Tujuan Pelayaran KRI Dewaruci, Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024
    19 WNA Asal Jerman Diamankan Polsek Kuta, Lakukan Penganiayaan Dan Pengerusakan Villa
    20 Tembakan Peringatan, Residivis Bongkar Rumah Diringkus Polsek Minas
    21 Polsek Kuantan Hilir Berhasil Diringkus Dua Pelaku Narkoba
    22 Bantu Masyarakat Meranti, Aliansi Melayu Tionghua Berikan Sembako Murah
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI