Minggu, 05-04-2020 - 17:48:10 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi | | Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi | | Sat Intelkam Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas dan Memberikan Batuan Kepada Napi Asimilasi Agar Meminimalisir Terulangnya Kejahatan | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa | | Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat | | Meminimalisir Terulangnya Kejahatan oleh Napi Asimilasi, Polres Siak Berikan Arahan Kamtibmas
 
Viral Beredar Foto Virus Corona yang Berhasil Difoto dan Diperbesar Ilmuwan India, Ini Faktanya
Minggu, 05-04-2020 - 17:48:10 WIB

TERKAIT:
 
  • Viral Beredar Foto Virus Corona yang Berhasil Difoto dan Diperbesar Ilmuwan India, Ini Faktanya
  •  

    DELIKRIAU - Viral beredar foto virus corona yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India, di mana dalam foto itu memperlihatkan dua tangan yang bersalaman dan dipenuhi berbagai organisme kecil dengan berbagai bentuk.

    Menurut narasi yang menyertai foto itu, makhluk kecil yang menempel pada kedua tangan tersebut adalah virus Corona Covid-19 yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India.

    Salah satu akun yang mengunggah foto itu adalah akun Facebook milik Fika Emelia Siahaan, pada Rabu, 1 April 2020, di mana dalam foto tersebut, terdapat tulisan yang berbunyi, "Seperti inilah bentuk corona yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India, jadi harus selalu cuci tangan."

    Apa benar organisme kecil dalam foto di atas merupakan virus Corona Covid-19 yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India?

    Hasil penelurusan sumber foto tersebut dengan menggunakan reverse image tool TinEye. Hasilnya, ditemukan foto yang sama namun berwarna di situs stok foto Shutterstock. Foto itu dimuat pada 15 Juni 2015. Foto tersebut juga diberi tag sebagai foto ilustrasi.

    Adapun keterangannya yang ditulis dalam bahasa Polandia terjemahannya adalah sebagai berikut: "Penyakit infeksi menyebar sebagai simbol kebersihan, karena orang berpegangan tangan dengan virus yang bereproduksi dan bakteri yang menyebar bersama penyakit sebagai konsep dari risiko kesehatan ketika tidak mencuci tangan".

    Foto ilustrasi di Shutterstock tersebut telah beredar luas di internet dan digunakan oleh beberapa lembaga untuk berkampanye seputar isu kesehatan. Salah satunya adalah USAID Indonesia yang mengunggah foto ilustrasi itu di Twitter pada 12 Oktober 2018.

    Sejatinya foto wujud dari virus corona pernah dirilis sebuah lembaga yang menangani penyakit menular dan alergi yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan Amerika Serikat, National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) Integrated Research Facility (IRF).

    Foto-foto yang dirilis itu dibuat menggunakan pemindaian dan transmisi elektron mikroskop di laboratorium NIAID di Hamilton, Montana. Emmie de Wit, Kepala Unit Patogenesis Molekuler NIAID, menyediakan sampel virus itu. Elizabeth Fischer, ahli mikroskop, menghasilkan foto-foto tersebut. Sementara kantor seni visual medis laboratorium mewarnai foto-foto itu secara digital.

    NIAID mencatat bahwa foto virus tersebut tampak sedikit mirip dengan foto MERS-CoV, virus Corona sindrom pernapasan Timur Tengah yang muncul pada 2012, dan SARS-CoV, virus Corona sindrom pernafasan akut yang muncul pada 2002.

    "Ini tidak mengejutkan. Paku pada permukaan virus tersebut membuat keluarga dari virus ini diberi nama Corona, yang merupakan bahasa Latin untuk 'mahkota', dan sebagian besar virus Corona memang memiliki penampilan seperti mahkota," demikian penjelasan dari NIAID.

    Jadi, foto yang beredar viral yang konon hasil temuan ilmuwan India adalah salah alias hoaks karena foto itu merupakan foto ilustrasi virus dan bakteri yang menempel di tangan.

    Foto itu pun dimuat di situs Shutterstock pada 15 Juni 2015, jauh sebelum virus Corona muncul pertama kali di Wuhan, Cina, pada Desember 2019. (Bb)



     
    Berita Lainnya :
  • Viral Beredar Foto Virus Corona yang Berhasil Difoto dan Diperbesar Ilmuwan India, Ini Faktanya
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Air Bersih Pamsimas Masih Di Gunakan Mencuci dan Mandi
    02 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang, Himpun Aspirasi Warga Gesa Pembangunan Mulai Dari Kecamatan dan Desa
    03 Sambil Menunggu Kesiapan Diskes, DPRD Rohil Siap Divaksinasi
    04 Gubri Syamsuar Ingatkan Jangan Sampai Terkena ISPA dan Corona
    05 Diduga PT.Arara Abadi Tumbang Kepung Sialang, LAMR Pelalawan Lakukan Kosolidasi Internal
    06 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.V)
    07 TNI AD Laksanakan Vaksinasi Serentak
    08 Wabup H. Asmar Buka dan Ikuti Musrenbang Kecamatan Pulau Merbau, Serap Aspirasi Sejahterakan Masyarakat
    09 Tren Kesembuhan Pasien Covid-19 Rohil Tinggi
    10 Berawal dari Jual-Beli, Hingga Berakhir Sengketa Lahan Koperasi
    11 Bupati Alfedri Terima Kunjungan Anggota Komisi II DPR RI Andi Rachman
    12 Polres Siak Sosialisasikan Bahaya Penyalah Gunaan Narkoba Di Perawang
    13 32 Honorer Terima SK P3K dari Bupati Siak
    14 Sekda Arfan Usman Ikuti HUT Damkar ke 102 tahun, Tingkat Nasional
    15 Wabup H. Asmar Sidak Kondisi Ruang dan Kinerja Pegawai Dilingkungan Sekretariat, Ingatkan Jaga Disiplin dan Jauhi Narkoba
    16 Bupati dan Wakil Bupati Meranti H.M Adil-H. Asmar Sampaikan Visi dan Misi Serta 7 Program Strategis kepada DPRD
    17 Pembina Apel Senin Pagi, Bupati H.M Adil Ingatkan ASN Laksanakan Tupoksi Dengan Baik dan Melayani Dengan Ihklas
    18 Karena Zona Hijau, Bupati H.Adil Akan Koordinasi Dengan Kapolres dan Kajari Tentang Sekolah Tatap Muka
    19 Tragedi Tewasnya Pelajar SMPN Di Pangkalan Kerinci (Bagian.IV)
    20 DLH Meranti Terus Terapkan Jadwal 4 Pembuangan Sampah
    21 Buka Musrenbang Tualang, Bupati Alfedri Minta Peruntukan Dana Desa Percepat Pemulihan Ekonomi
    22 l Janji Siap Wujudkan 7 Program Strategis H. Adil-H. Asmar, Siap Dikritik Jika Melenceng Dan Mohon Doa dan Dukungan Maayarakat
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI