Rabu, 01 Februari 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP | | Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni | | Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI | | Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka | | Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil | | MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
 
Elpiji 3 Kg Non Subsidi Diluncurkan, Distribusi Gas Melon Diperketat
Kamis, 05-07-2018 - 12:56:11 WIB

TERKAIT:
   
 

JAKARTA, DELIKRIAU - Pemerintah akan memperketat pengawasan distribusi elpiji tabung hijau ukuran 3 kilogram (kg) bersubsidi atau yang biasa disebut gas melon. Pengawasan tersebut melalui barcode dan kartu.

"Mengenai barcode tentu akan kita lakukan karena untuk kita monitor melakukan pengawasan terhadap distribusi elpiji bagi masyarakat," ujar Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, di Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Ia mengatakan, Pertamina juga akan koordinasi dengan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog). "Kita akan sinergi, karena Bulog untuk yang beras. Kan ada beberapa produk yang diberikan pada masyarakat miskin, ini kita harus sinergi kalau tidak salah Bulog mengeluarkan kartu, kita akan lakukan," kata Nicke seperti dilansir detikfinance.

Pemerintah menetapkan gas melon sebagai produk bersubsidi. Sebagai penegasannya tertera tulisan hanya untuk masyarakat miskin pada tabung elpiji tersebut.

Nicke menambahkan, Pertamina juga sudah meluncurkan elpiji 3 Kg non subsidi untuk masyarakat mampu. Dengan adanya produk ini, maka masyarakat mampu tidak menggunakan produk bersubsidi.

Ia mengatakan, produk elpiji 3 Kg bersubsidi dan non subsidi dibedakan dari warnanya. Tabung elpiji 3 Kg subsidi berwarna hijau, sedangkan tabung elpiji 3 Kg non subsidi berwarna merah jambu (pink). "Yang 3 Kg yang pink non subsidi kemudian yang subsidi tetap yang hijau," katanya.

Pertamina telah mulai melakukan uji pasar elpiji 3 Kg non subsidi pada Selasa (3/3). Uji pasar ini dilakukan di dua kota yakni Jakarta dan Surabaya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito menerangkan, pada uji pasar ini Pertamina melepas 5.000 tabung elpiji yang merupakan varian baru Bright Gas. Menurutnya, produk ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mampu. "Produk Bright Gas 3 Kg ini memberikan alternatif pilihan bagi konsumen elpiji non subsidi," katanya.

Terkait harga, Adiatma mengatakan, selama uji pasar isi ulang elpiji pink ini seharga Rp39.000 per tabung di agen elpiji non subsidi dan belum termasuk ongkos kirim. Sementara, untuk isi ulang di SPBU COCO harganya Rp42.000.

Sedangkan untuk tabung perdana (tabung plus isi) Bright Gas 3 Kg akan dijual di agen elpiji seharga Rp184.000 per tabung dan di SPBU COCO seharga Rp187.000 per tabung.

Ia mengatakan, Pertamina juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melakukan tukar tambah. Konsumen cukup menukarkan satu tabung elpiji 3 Kg dan membayar Rp81.500 di agen elpiji non subsidi, maka konsumen dapat membawa pulang satu tabung Bright Gas 3 Kg yang siap digunakan. Sedangkan, untuk di SPBU cukup menambah Rp84.500.

Bright Gas 3 Kg hadir dengan teknologi katup ganda (double spindle valve system) yang lebih aman dalam mencegah kebocoran elpiji. Serta, untuk menjaga kualitas dan kuantitas isi tabung, Bright Gas 3 Kg juga dilengkapi dengan segel hologram yang tidak dapat dipalsukan. (dr/int)





 
Berita Lainnya :
  • Elpiji 3 Kg Non Subsidi Diluncurkan, Distribusi Gas Melon Diperketat
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP
    02 Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI
    03 Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni
    04 Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka
    05 Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    06 MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
    07 Peserta Terbanyak di Indonesia, Diklat Kaderisasi MPW Pemuda Pancasila Riau Catatkan Rekor
    08 Panwascam Menpura Buka Pendaftaran Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa, ini Syaratnya
    09 Drag Race Kapolres Siak Cup 14 dan 15 Januari 2023 Gairahkan Ekonomi Masyarakat Siak
    10 Sita Tiga Senpi, Tim Jatanras Polda Riau Berhasil Tangkap Dua Warga Kwalian Siak
    11 Satres Narkoba Polres Siak Mengamankan Dua Orang Terduga Pengedar Narkotika, Ditangan Pelaku Diamankan 50 Gram Diduga Narkotika Jenis Shabu
    12 Polsek Rokan IV Koto Respon Cepat, Jemput Maling Sepeda Motor
    13 Menguak Fakta Cairan Sperma Pria Bisa Bikin Wanita Awet Muda
    14 Hasil Razia Warung Remang-remang, Polres Siak Berhasil Mengamankan 3 PSK
    15 Polres Lamsel Berhasil Geruduk Tambang Emas Ilegal
    16 Sebagai Peringatan Terakhir, Sat Pol PP Segel Hotel GR Di Kota Siak
    17 Pemilik dan Petinggi Media Ciber Berkumpul di Duri, Ini yang Dibahas
    18 Satres Narkoba Polres Siak Berhasil Tangkap Diduga Bandar Shabu-shabu Di Tualang
    19 Harga Laptop Gaming ASUS dan Hal-Hal yang Perlu Gamers Perhatikan Sebelum Membelinya
    20 PT Berlian Inti Mekar Rengat Berikan Bantuan CSR Untuk Masyarakat Sekitar Dan Karyawan
    21 Pele, Legenda Sepak Bola Brasil Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun
    22 Akibat Cemburu, Jadi Alasan Suami Bunuh Istri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI