Rabu, 01 Februari 2023
Follow Us ON :
 
 
 
| Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP | | Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni | | Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI | | Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka | | Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil | | MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
 
Lusa, Kemenhub Prediksi Arus Mudik Melonjak Lagi
Senin, 11-06-2018 - 13:55:40 WIB

TERKAIT:
   
 

JAKARTA, DELIKRIAU - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi lonjakan arus mudik Lebaran 2018 kembali terjadi pada Rabu (13/6/2018) atau Kamis (14/6/2018). Sebelumnya, Kemenhub mencatat ada lonjakan yang cukup berarti pada Sabtu (9/6/2018).

"Mungkin ada lagi juga puncak dalam pengertian lonjakan dalam barangkali hari Rabu atau Kamis," kata Sekretaris Jenderal Kemenhub, Djoko Sasono saat pelepasan peserta mudik Kemenhub tahap dua di Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (10/6/2018).

Djoko mengatakan, Kemenhub bersyukur karena bisa bersama berbagai pihak dan masyarakat menggeser puncak arus mudik yang ekstrem seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, Djoko enggan memberitahu data prediksi volume kendaraan dalam puncak lonjakan mendatang.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, pergeseran itu merujuk pada hasil survei prediksi puncak arus mudik Angkutan Lebaran 2018. "Kami mengadakan survei Angkutan Lebaran sebelum dan sesudah pengumuman libur. Setelah pengumuman libur, ada hasil yang berubah, di mana masyarakat sebagian mudik pada 8 atau 9 Juni 2018," katanya, Senin, 4 Juni 2018 lalu.

Sebelum ada revisi pengumuman libur Lebaran, Budi Karya menyatakan puncak kepadatan arus mudik bakal terjadi pada 13 Juni atau 14 Juni 2018. Untuk puncak arus balik Lebaran, semula Kemenhub memperkirakan terjadi pada 23 Juni dan 24 Juni 2018. "Ternyata puncak balik maju menjadi 19 Juni dan 20 Juni 2018," tuturnya seperti dilansir tempo.co.

Karena itu, Budi Karya menjelaskan, ada suatu hal yang akan dikoordinasikan dengan beberapa pihak, terutama stakeholder angkutan berat terkait dengan operasional angkutan berat jenis truk pada masa angkutan Lebaran.

Kemenhub mencatat terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 44,67 persen di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama dari 7-9 Juni 2017 dan 7-9 Juni 2018. Peningkatan arus mudik 2018 terbesar terjadi pada H-8 kemarin, tepatnya tanggal 7-8 Juni. Jumlah kendaraan yang melintas di GT Cikarang pada waktu tersebut meningkat, dari 86.325 kendaraan pada 2017 menjadi 146.408 kendaraan pada tahun ini, atau meninggi sebesar 69,6 persen.

Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengatakan, titik kritis jalur mudik 2018 telah dilalui tanpa gangguan berarti. Meski begitu, KSP mengimbau para pemudik tetap waspada.

Moeldoko mengatakan, tiga titik kritis yang perlu mendapatkan perhatian para pengguna jalan adalah titik perpindahan jalur tol operasional ke fungsional; persimpangan jalur fungsional dan jalan nasional di titik Kali Kutho; dan jalan darurat di Kali Kenteng. Semua titik kritis itu berada di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

"Saya mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menikmati infrastruktur jalan dan jalan tol yang dibangun pemerintah. Silakan seluruh masyarakat menikmatinya. Kesiagaan dan kewaspadaan adalah kunci utama dalam perjalanan, sehingga para pemudik dapat bertemu dengan keluarga-keluarga di tempat tujuan masing-masing," katanya.

Ia menambahkan, ketiga titik tersebut relatif normal kendati terdapat antrean saat mendekati lokasi. Menurutnya, pengguna jalan mengantre dengan tertib saat melewati kawasan-kawasan yang menjadi titik potensi kemacetan.

"Untuk tetap siaga dan berhati-hati saat berkendara di jalan raya, supaya mudik dapat berlangsung dengan aman, nyaman, dan menyenangkan," ungkapnya.(drc/int)







 
Berita Lainnya :
  • Lusa, Kemenhub Prediksi Arus Mudik Melonjak Lagi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Ketua DPRD Siak Angkat Bicara Terkait Pekerja Tewas Di PT BSP
    02 Audensi bersama Bupati Bengkalis, Kasmarni Akan Hadir Pelantikan JMSI
    03 Wabup Siak Jadi Pembina Apel Senin Bersama, Ini Pesan Husni
    04 Sempena HPN Ke-77, PWI Riau Gelar Baksos Donor Darah PEKANBARU, DELIK RIAU - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau akan mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) donor darah dalam rangka
    05 Bupati Afrizal Sintong Resmikan Rumah Sakit Awal Bros yang Termegah dan Terlengkap di Rohil
    06 MPC PP Bengkalis Utus 22 Anggota Ikuti Diklat Kaderisasi
    07 Peserta Terbanyak di Indonesia, Diklat Kaderisasi MPW Pemuda Pancasila Riau Catatkan Rekor
    08 Panwascam Menpura Buka Pendaftaran Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa, ini Syaratnya
    09 Drag Race Kapolres Siak Cup 14 dan 15 Januari 2023 Gairahkan Ekonomi Masyarakat Siak
    10 Sita Tiga Senpi, Tim Jatanras Polda Riau Berhasil Tangkap Dua Warga Kwalian Siak
    11 Satres Narkoba Polres Siak Mengamankan Dua Orang Terduga Pengedar Narkotika, Ditangan Pelaku Diamankan 50 Gram Diduga Narkotika Jenis Shabu
    12 Polsek Rokan IV Koto Respon Cepat, Jemput Maling Sepeda Motor
    13 Menguak Fakta Cairan Sperma Pria Bisa Bikin Wanita Awet Muda
    14 Hasil Razia Warung Remang-remang, Polres Siak Berhasil Mengamankan 3 PSK
    15 Polres Lamsel Berhasil Geruduk Tambang Emas Ilegal
    16 Sebagai Peringatan Terakhir, Sat Pol PP Segel Hotel GR Di Kota Siak
    17 Pemilik dan Petinggi Media Ciber Berkumpul di Duri, Ini yang Dibahas
    18 Satres Narkoba Polres Siak Berhasil Tangkap Diduga Bandar Shabu-shabu Di Tualang
    19 Harga Laptop Gaming ASUS dan Hal-Hal yang Perlu Gamers Perhatikan Sebelum Membelinya
    20 PT Berlian Inti Mekar Rengat Berikan Bantuan CSR Untuk Masyarakat Sekitar Dan Karyawan
    21 Pele, Legenda Sepak Bola Brasil Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun
    22 Akibat Cemburu, Jadi Alasan Suami Bunuh Istri
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI