Selasa, 02-07-2019 - 17:19:16 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Silaturahmi Dengan Tokoh Agama di Tebingtinggi Barat, Kapolres Meranti Ajak Ciptakan Situasi yang Aman dan Kondusif | | Atasi Pengurangi Sampah Plastik, DLH Bersama Polres Meranti Lakukan Batako dan Paving Blok Dari Sampah | | Forum RT dan RW Kepulauan Meranti Sembangi Dinas Perikanan Meranti | | 4 Unit Ruko dan 1 Unit Rumah Permanen Ludes Terbakar Di Pasar Tradisional Duri Bengkalis | | Wabup Said Hasyim Serahkan SK CPNS Meranti Formasi 2019-2020, Ingatkan Sebagai ASN Harus Menjadi Orang Yang Dibutuhkan | | Meranti Bersiap....Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Riau, Pendistrbusian Ke-Kabupaten/Kota Tunggu UEA BPOM RI
 
Alfedri : Bapekam Mesti Bermitra Dengan Penghulu
Bupati Siak, Secara Resmi Buka Bimtek Fungsi dan Wewenang Bapekam
Selasa, 02-07-2019 - 17:19:16 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Siak, Secara Resmi Buka Bimtek Fungsi dan Wewenang Bapekam
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Bupati Siak H Alfedri membuka kegiatan Bimtek fungsi dan wewenang Badan Permusyawaratan Kampung (Bapekam) se Kabupaten Siak, Selasa (2/7/2019) di Hotel Grand Mempura, Kabupaten Siak, Riau.

    Tampak hadir narasumber dari Provinsi Riau, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yurnalis, Penghulu dan perwakilan dari kecamatan Mempura. 

    Dalam sambutannya Bupati Alfedri mengatakan, Bapekam berkedudukan setara dengan pemerintahan kampung sekaligus merupakan mitra kerja Penghulu (Kepala Desa)dalam penyelenggaraan pemerinahan kampung. Selain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat kampung, Bapekam juga memiliki peran melakukan pengawasan kinerja kepala kampung (Penghulu), serta memiliki kewenangan membahas dan menyepakati rancangan peraturan kampung bersama Penghulu. 

    "Bapekam harus mampu mendorong dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta menggerakkan masyarakat untuk mendukung pembangunan pemerintah," kata Alfedri. 

    Lebih lanjut Alfedri mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting, oleh karena itu para peserta harus pro aktif dan mengikuti informasi yang disampaikan oleh narasumber. Sehingga peserta  bisa mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas di Kampung masing-masing. 

    "Terkait Kampung Adat, tinggal menunggu terbitnya Peraturan Daerah Propinsi Riau tentang Kampung Adat. Selanjutnya baru bisa diajukan untuk mendapatkan kode register Kampung Adat dari Kementerian Dalam Negeri," ungkapnya.

    Untuk itu sebelum ditetapkan Kampung menjadi Kampung Adat sesuai peraturan perundangan yang berlaku maka seluruh  proses pemerintahan, tata kelola keuangan dan lainnya disamakan dengan kampung administrasi biasa termasuk proses pembentukan Bapekam. 

    Dikesempatan itu mantan Camat Tualang ini mengharapkan Bapekam hendaknya mengenyampingkan perbedaan yang berpotensi konflik ditengah masyarakat. Dirinya meminta untuk mengutamakan semangat kebersamaan untuk membangun. 

    "Ketika roda Pemerintahan Kampung sudah berjalan, berpartisipasilah, setidaknya melakukan kontrol terhadap kebijakan-kebijakan dari Penghulu. Lakukanlah dengan cara yang baik dan benar," harapnya. 

    Sebelumnya Kepala Dinas PMK Yurnalis menyampaikan, kegiatan ini berlangsung selama tiga hari. Peserta dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertama diikuti sebanyak 60 orang. Terdiri dari 7 kecamatan, Mempura, Bungaraya, Koto Gasib, Minas, Sungai Mandau, Lubuk Dalam, dan Kerinci Kanan. 

    "Bimtek ini dilakukan kepada Bapekam yang baru dilantik dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan sehingga diharapkan kedepan dapat menjalankan fungsi dan wewenangnya secara optimal dalam menjaring aspirasi dan penyaluran aspirasi serta pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan kampung," jelasnya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Siak, Secara Resmi Buka Bimtek Fungsi dan Wewenang Bapekam
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Forum RT dan RW Kepulauan Meranti Sembangi Dinas Perikanan Meranti
    02 Atasi Pengurangi Sampah Plastik, DLH Bersama Polres Meranti Lakukan Batako dan Paving Blok Dari Sampah
    03 Silaturahmi Dengan Tokoh Agama di Tebingtinggi Barat, Kapolres Meranti Ajak Ciptakan Situasi yang Aman dan Kondusif
    04 April Mendatang Jabatan 29 kades di Meranti akan diisi oleh ASN
    05 Pertahankan Ekosistem Mangrove Cegah Abrasi, Sekda Kamsol Lakukan Penanaman Bibit Mangrove di Pesisir Insit Laut
    06 4 Unit Ruko dan 1 Unit Rumah Permanen Ludes Terbakar Di Pasar Tradisional Duri Bengkalis
    07 Jambret HP Anak Pejabat Tinggi Di Riau, Pelaku Berhasil Diamankan
    08 Resmikan Gedung Divisi Humas Polri Yang Baru, Begini Pesan Kapolri
    09 Sejumlah Tokoh Masyarakat Meranti Dukung Komjen Listyo Sigit Probowo Sebagai Calon Kapolri
    10 Diduga PT PSPI Tidak Merealisasikan Sisa Lahan Untuk Masyarakat Petapahan Kampar, Forum PPB Dan Yayasan SMT Gelar Aksi Demo
    11 Spesialis Bongkar Rumah Dibekuk Tim Reskrim Polsek Merbau
    12 Wabup Said Hasyim Serahkan SK CPNS Meranti Formasi 2019-2020, Ingatkan Sebagai ASN Harus Menjadi Orang Yang Dibutuhkan
    13 Disdukcapil Bengkalis dan Bapenda Kembali Tandatangani Perjanjian Kerjasama ke-9
    14 Diduga Maki Wartawan Via WA, Oknum Kabid Dishub Rohil Akan Dilaporkan
    15 Pemkab Siak Sosialisasi PTSL Di Kecamatan Koto Gasib
    16 Asisten 1 Bersama Kepala BPN Kabupaten Siak Berikan Penyuluhan PTSL di Dua Kampung Kecamatan Tualang
    17 MPR dan IWO Sepakat Bekerja Sama Majukan Peradaban dan Kemanusiaan Bangsa Indonesia
    18 Dinkes Ersan Saputra: Vaksin Covid-19 di Kabupaten Bengkalis Bulan Febuari
    19 Pelaku Terduga Pembunuhan Mayat yang Ditemukan di Jalan Poros Langgam 25 Desember 2020 lalu Berhasil di Tangkap Polres Pelalawan
    20 Sidang Pertama Perkara PHI/PHK Sepihak Oleh PT Musim Mas Sudah di Gelar
    21 Raih Suara Terbanyak, Rahmah Fitri Perwakilan Perempuan Terpilih menjadi BPD Lubuk Muda
    22 Meranti Bersiap....Vaksin Covid-19 Telah Tiba di Riau, Pendistrbusian Ke-Kabupaten/Kota Tunggu UEA BPOM RI
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI