Selasa, 09-04-2019 - 19:05:26 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Antusias Calon Peserta Didik Baru Masuk ke SMK N 1 Ujungbatu | | Tahun depan Insya Allah, Siak siap sebagai tuan rumah pada iven Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI | | Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Menyesuaikan Kebijakan Nasional | | Bupati Rohil, Suyatno Pimpin Rapat Persiapan MTQ Rohil ke-16 | | Pemerintah Desa Ngaso Gelar Halal Bihalal | | Pemkab Siak dan Insan Pers Gelar Halal bi Halal
 
Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
Selasa, 09-04-2019 - 19:05:26 WIB

TERKAIT:
 
  • Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Babak baru pengembangan pariwisata halal di Provinsi Riau dimulai,  dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Kementerian Pariwisata dengan Gubernur Riau terkait Pengembangan Pariwisata Halal, Selasa siang (9/4/2019) di Bidakara Hotel Jakarta.

    Sekretaris Daerah T.S. Hamzah dan Kadis Pariwisata Fauzi Asni turut hadir dalam prosesi penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan pada Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting, dan Conference Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) di Bina Karna Auditorium Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta itu.

    Sekretaris Daerah T. S Hamzah menyebut Pemkab Siak siap mendukung langkah dan inisiasi Gubernur Riau H. Syamsuar dalam mengembangkan Pariwisata Halal di Riau. Bahkan Hamzah meyakini Kabupaten Siak merupakan daerah paling siap mengembangkan destinasi wisata halal di Riau, karena sudah punya modal kebijakan dibidang pariwisata religi telah sejak beberapa tahun lalu.

    "Kehadiran kita wujud dukungan terhadap kebijakan pariwisata bapak Gubernur. InsyaAllah Kabupaten Siak paling siap, program pembangunan pariwisata kita sudah dilaksanakan terpadu sesuai visi daerah, yaitu mewujudkan Masyarakat yang Agamis dan Berbudaya Melayu serta Menjadi Tujuan Pariwisata di Sumatera," sebutnya.

    Kabupaten Siak saat ini kata dia telah lekat dengan Ikon Wisata Budaya Sejarah dan Tagline Siak "The Truly Malay", karena memiliki visi pengambangan budaya melayu yang agamis, dengan bekal Budaya dan Sejarah kemelayuan yang bersendikan syarak atau syariat Islam.

    "Tak hanya sekedar promosi media luar ruang, dukungan wisata halal juga dilaksanakan dengan sosialisasi dan pengawasan penyembelihan hewan di pasar-pasar rakyat, bersama MUI sudah melaksanakan Program Sertifikasi Halal Usaha bagi 20 produk Kuliner UMKM, mengemas iven pariwisata religi  Pekan Shafar, Ghatib Beranyut, Haul Sultan, Kenduri Apam Mempura dan Gebyar Sholawat," kata dia.


    Pemkab siak juga telah melaksanakan penjajakan kerjasama dengan Asosiasi Travel Riau Kepri untuk promosi wisata religi Siak dan sosialisasi wisatawan Timur Tengah di Kota Jedah Arab Saudi.

    "Disamping itu Pemkab Siak juga komit melaksanakan Sosialisasi dan Pengawasan Hotel Restoran terkait dukungan pelaksanaan kegiatan Pariwisata Halal ini," terang Hamzah.

    Kadis Pariwisata Siak Fauzi Asni menyebut, Kabupaten Siak sebelumnya sudah mulai berbenah mempersiapkan diri untuk menjadi destinasi pariwisata halal unggulan di Provinsi Riau. Sebagai modal awal kata dia, Negeri Istana sudah punya peraturan dan regulasi penguatan wisata halal,  serta komitmen bersama unsur daerah terkait. 

    "Alhamdulillah kita sudah sangat siap untuk pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak, karena kita sudah ada Perda Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pariwisata Halal, Keputusan Bupati Nomor 560/HK/KPTS/2017 Tentang Pembentukan Pokja Pariwisata Halal untuk menindaklanjuti Perda, MoU terpadu antar satker dengan unsur daerah MUI dan LAMR Siak terkait Pelaksanaan Pariwisata Halal dan beberapa progres lainnya," kata Fauzi Asni.

    Lewat Nota Kesepahaman itu,  Fauzi berharap akan semakin banyak bentuk dukungan yang diberikan Kementerian Pariwisata RI kepada daerah khususnya di Riau dan Siak, dalam mengembangkan potensi pariwisata halal yang dimiliki sesuai keunikan sejarah budaya masing-masing daerah. 

    "Kita siap untuk menindaklanjuti MoU dengan Kemenpar ini, tentu kita berharap dukungan Kementerian Pariwisata, baik dalam bentuk pendampingan,  supervisi, promosi pemasaran,  dan lain sebagainya untuk kemajuan wisata halal di Negeri Istana," kata Fauzi. 

    Sehari sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak juga menghadiri rapat finalisasi pembahasan draft nota kesepahaman, bersama Ketua Tim Percepatan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta Pusat. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Antusias Calon Peserta Didik Baru Masuk ke SMK N 1 Ujungbatu
    02 Pemerintah Desa Ngaso Gelar Halal Bihalal
    03 Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Siak Menyesuaikan Kebijakan Nasional
    04 Bupati Rohil, Suyatno Pimpin Rapat Persiapan MTQ Rohil ke-16
    05 Tahun depan Insya Allah, Siak siap sebagai tuan rumah pada iven Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI
    06 Bupati Siak, Alfedri Launching ATM Beras ke-9 di Kecamatan Koto Gasib
    07 Tingkatkan Pemahaman dan Pengetahuan Kearsipan, Pemkab Siak Gelar Sosialisasi Kearsipan Bersama Inst
    08 Pertama di Indonesia, Pemkab Siak Kembangkan Teknologi Aero Hydro Culture
    09 Pemkab Siak dan Insan Pers Gelar Halal bi Halal
    10 Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
    11 Jelang Event Bakar Tongkang, Pemkab Rohil Gelar Rapat Persiapan
    12 Setelah Libur Lebaran, Bupati Siak Pimpin Langsung Apel Upacara Bersama
    13 Bupati Siak Beserta Rombongan Hadiri Open House Di Kediaman Gubernur Riau
    14 Bupati Siak Bersama Masyarakat Siak Laksanakan Sholat Ied 1440 Hijeriah Berjamaah
    15 Peringatan Hari Lahir Pancasila, Meneguhkan Komitmen Terhadap Ideologi Negara
    16 Jelang Lebaran, PKK Siak Kembali Salurkan Bantuan Sembako di Tiga Kecamatan
    17 Kapolres Rohul, Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media
    18 Silaturahmi Dengan Pemkab Rohil, PJI Rohil Santuni Anak Yatim
    19 Kodim 0321 Rohil buka bersama dengan 30 anak yatim
    20 Menghilang saat Dipanggil Sidang, Pelaku Pencoblosan 20 Surat Suara Divonis 4 Bulan Penjara
    21 Mencoblos 2 Kali di Pemilu , 2 Warga Kandis Siak Dipidana Penjara 10 Hari
    22 Besok, PWI Riau Buka Puasa Bersama Gubri dan Insan Pers
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI