Selasa, 09-04-2019 - 19:05:26 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 26.777 Siswa se Kabupaten Rohil tingkat SD dan SMP Sederajat Ikuti Ujian Nasional | | Taman Wisata Nasional Danau Zamrud Yang Masih Asri dan Alami Magnet Para Wisatawan Manca Negara | | Angka Partisipasi Pemilih di Siak di Targetkan Diatas 70 Persen | | Pilpres dan Pileg 2019 di Negeri Istana Berlangsung Tertib dan Aman | | Lima Habib Dijadwalkan hadiri Haul Sultan Siak 2019 | | Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
 
Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
Selasa, 09-04-2019 - 19:05:26 WIB

TERKAIT:
 
  • Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Babak baru pengembangan pariwisata halal di Provinsi Riau dimulai,  dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman antara Kementerian Pariwisata dengan Gubernur Riau terkait Pengembangan Pariwisata Halal, Selasa siang (9/4/2019) di Bidakara Hotel Jakarta.

    Sekretaris Daerah T.S. Hamzah dan Kadis Pariwisata Fauzi Asni turut hadir dalam prosesi penandatanganan nota kesepahaman yang dilaksanakan pada Wonderful Indonesia Halal Tourism Meeting, dan Conference Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) di Bina Karna Auditorium Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta itu.

    Sekretaris Daerah T. S Hamzah menyebut Pemkab Siak siap mendukung langkah dan inisiasi Gubernur Riau H. Syamsuar dalam mengembangkan Pariwisata Halal di Riau. Bahkan Hamzah meyakini Kabupaten Siak merupakan daerah paling siap mengembangkan destinasi wisata halal di Riau, karena sudah punya modal kebijakan dibidang pariwisata religi telah sejak beberapa tahun lalu.

    "Kehadiran kita wujud dukungan terhadap kebijakan pariwisata bapak Gubernur. InsyaAllah Kabupaten Siak paling siap, program pembangunan pariwisata kita sudah dilaksanakan terpadu sesuai visi daerah, yaitu mewujudkan Masyarakat yang Agamis dan Berbudaya Melayu serta Menjadi Tujuan Pariwisata di Sumatera," sebutnya.

    Kabupaten Siak saat ini kata dia telah lekat dengan Ikon Wisata Budaya Sejarah dan Tagline Siak "The Truly Malay", karena memiliki visi pengambangan budaya melayu yang agamis, dengan bekal Budaya dan Sejarah kemelayuan yang bersendikan syarak atau syariat Islam.

    "Tak hanya sekedar promosi media luar ruang, dukungan wisata halal juga dilaksanakan dengan sosialisasi dan pengawasan penyembelihan hewan di pasar-pasar rakyat, bersama MUI sudah melaksanakan Program Sertifikasi Halal Usaha bagi 20 produk Kuliner UMKM, mengemas iven pariwisata religi  Pekan Shafar, Ghatib Beranyut, Haul Sultan, Kenduri Apam Mempura dan Gebyar Sholawat," kata dia.


    Pemkab siak juga telah melaksanakan penjajakan kerjasama dengan Asosiasi Travel Riau Kepri untuk promosi wisata religi Siak dan sosialisasi wisatawan Timur Tengah di Kota Jedah Arab Saudi.

    "Disamping itu Pemkab Siak juga komit melaksanakan Sosialisasi dan Pengawasan Hotel Restoran terkait dukungan pelaksanaan kegiatan Pariwisata Halal ini," terang Hamzah.

    Kadis Pariwisata Siak Fauzi Asni menyebut, Kabupaten Siak sebelumnya sudah mulai berbenah mempersiapkan diri untuk menjadi destinasi pariwisata halal unggulan di Provinsi Riau. Sebagai modal awal kata dia, Negeri Istana sudah punya peraturan dan regulasi penguatan wisata halal,  serta komitmen bersama unsur daerah terkait. 

    "Alhamdulillah kita sudah sangat siap untuk pengembangan pariwisata halal di Kabupaten Siak, karena kita sudah ada Perda Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pariwisata Halal, Keputusan Bupati Nomor 560/HK/KPTS/2017 Tentang Pembentukan Pokja Pariwisata Halal untuk menindaklanjuti Perda, MoU terpadu antar satker dengan unsur daerah MUI dan LAMR Siak terkait Pelaksanaan Pariwisata Halal dan beberapa progres lainnya," kata Fauzi Asni.

    Lewat Nota Kesepahaman itu,  Fauzi berharap akan semakin banyak bentuk dukungan yang diberikan Kementerian Pariwisata RI kepada daerah khususnya di Riau dan Siak, dalam mengembangkan potensi pariwisata halal yang dimiliki sesuai keunikan sejarah budaya masing-masing daerah. 

    "Kita siap untuk menindaklanjuti MoU dengan Kemenpar ini, tentu kita berharap dukungan Kementerian Pariwisata, baik dalam bentuk pendampingan,  supervisi, promosi pemasaran,  dan lain sebagainya untuk kemajuan wisata halal di Negeri Istana," kata Fauzi. 

    Sehari sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak juga menghadiri rapat finalisasi pembahasan draft nota kesepahaman, bersama Ketua Tim Percepatan Pariwisata Halal Kementerian Pariwisata, di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta Pusat. (rilis)



     
    Berita Lainnya :
  • Gubri - Kemenpar Teken MoU Pariwisata Halal, Siak Optimis Paling Siap Jadi Daerah Destinasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 26.777 Siswa se Kabupaten Rohil tingkat SD dan SMP Sederajat Ikuti Ujian Nasional
    02 Lewat MTQ Kecamatan Mempura ke X, Pemkab Ajak Warga Peduli Dhuafa
    03 Perpani Siak Sosialisasikan Panahan di Kecamatan se Kabupaten Siak
    04 Lima Habib Dijadwalkan hadiri Haul Sultan Siak 2019
    05 Pilpres dan Pileg 2019 di Negeri Istana Berlangsung Tertib dan Aman
    06 Angka Partisipasi Pemilih di Siak di Targetkan Diatas 70 Persen
    07 Taman Wisata Nasional Danau Zamrud Yang Masih Asri dan Alami Magnet Para Wisatawan Manca Negara
    08 Jamaluddin : Arsip Adalah Bukti Dari Catatan Peristiwa
    09 Gemar Berzakat 2019 Segera Diluncurkan, Baznas Siak Targetkan Dana Zakat Terkumpul 2,1M
    10 Bukti Kepedulian PT BIM Kepada Masyarakat Dengan Menyalurkan Program Bantuan CSR Tahun 2019
    11 Camat Tekankan Linmas Gunakan Tanda Pengenal, Jika Tak Miliki Seragam
    12 Sekda Kab Siak, Hadiri Kegiatan Indonesia Industrial Summit (ISS) 2019
    13 Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
    14 Sekda Rohul, Tutup MTQ XIX Kabupaten Rohul 2019 Dengan Atraksi Kembang Api.
    15 Warga Sukamaju Harapkan Pembangunan Turap Sungai
    16 Kapolda dan Ketua Bawaslu Riau Lepas Tim Patroli Money Politik & Pengawasan Masa Tenang Pemilu 2019
    17 Kampanye Akbar, Pasangan Jokowi Amin Artis Ibu kota Iis Dahlia Goyang Simpatisan Di Ujungbatu
    18 Mantapkan Pemilu, KPU Siak Distribusikan Logistik Keseluruh Kecamatan
    19 GMC 2019 Momen Promosi Pariwisata di Kabupaten Siak
    20 Simpan 5 Paket Sabu, 2 Pelaku Diduga Pengedar Dicokok Tim Opsnal Polsek Sabak Auh
    21 Bupati Siak Alfedri Teken Kesepakatan Replating Kebun Sawit Masyarakat Dengan PTPN V
    22 Setelah Tiga Tahun Didirikan MAN IC Perawang Kian Berkembang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI