Jumat, 03-04-2020 - 20:05:08 WIB
Follow Us ON :
 
 
| KNPI Bukit Batu Salurkan 95 Paket Pangan | | Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PAC PP Bukit Batu Salurkan 70 Paket Sembako Ke Warga | | Bertambah 1 Orang lagi Dari Menpura PDP Covid-19 di Siak | | Vicon Dengan Kasatgaswil V KPK, Pj Sekda Paparkan Persiapan Penganggaran Penanganan Covid 19 | | Pemkab Siak Salurkan BLT kepada 16,800 Kepala Keluarga | | Tidak Hanya Sebagai Pengguna Narkoba, Pria Yang Diciduk Ini Juga Miliki 2 Pucuk Senjata Api Rakitan
 
LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
Jumat, 03-04-2020 - 20:05:08 WIB
Ketua LAMR Kecamatan Bukit Batu, H Rusdi Ispandi.
TERKAIT:
 
  • LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
  •  

    BENGKALIS, DELIKRIAU - Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis H Rusdi Ispandi mengimbau kepada seluruh  Perusahaan yang berada di Wilayahnya agar menyalurkan sembako ke masyarakat melalui program CSR.

    Hal ini terkait dari wabah Covid-19 dimana warga khususnya Kecamaran Bukit Batu mengalami penurunan perekonomi/penghasilan.

    Seluruh Perusahan mengetahui Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Konsep CSR yang terdapat dalam UU Perseroan Terbatas juga mencakup lingkungan. Jadi, secara resmi, UU ini menggunakan istilah Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). UU ini mengatur kewajiban bagi perseroan yang berkaitan dengan sumber daya alam untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

    Pasal 74 ayat (1) UU PT berbunyi, “Perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.”

    Bila ketentuan ini tidak dijalankan, maka ada sanksi yang akan dijatuhkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

    Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas Pemerintah menerbitkan PP No. 47 Tahun 2012 sebagai peraturan pelaksana dari Pasal 74 UU PT di atas. PP No. 47 Tahun 2012 yang ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini hanya berisi sembilan pasal. Salah satu yang diatur adalah mekanisme pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan perseroan.

    Pasal 4 ayat (1) PP No. 47 Tahun 2012 menyebutkan, “Tanggung jawab sosial dan lingkungan dilaksanakan oleh Direksi berdasarkan rencana kerja tahunan Perseroan setelah mendapat persetujuan Dewan Komisaris atau RUPS sesuai dengan anggaran dasar Perseroan, kecuali ditentukan lain dalam peraturan perundang-undangan.”

    Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal UU Penanaman Modal juga menyelipkan satu pasal yang mengatur CSR, yaitu Pasal 15 huruf b berbunyi: “Setiap penanam modal berkewajiban: melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan.”

    Penjelasan Pasal 15 huruf menambahkan bahwa yang dimaksud dengan “tanggung jawab sosial perusahaan” adalah tanggung jawab yang melekat pada setiap perusahaan penanam modal untuk tetap menciptakan hubungan yang serasi, seimbang, dan sesuai dengan lingkungan, nilai, norma, dan budaya masyarakat setempat.

    "Kita sangat mengharapkan rasa kepeduliaan setiap Perusahaan, agar bisa menyalurkan bantuan sembako kepada warga. Melihat situasi dan kondisi ekonomi warga saat ini, salah satunya bantuan tersebut bisa menggunakan program CSR setiap Perusahaan, sesuai UU " kata H Rusdi Ispandi yang akrab disapa Is Dekam kepada Wartawan, Jumat (03/04/2020).

    Lebih lanjut Is Dekam mengatakan bahwa saat ini sangat minim sekali perhatian dari Perusahaan-perusahaan terhadap masyarakat terkait didalam penularan wabah Virus Covid-19. Jika ada pun hanyalah sedikit sekali perusahaan, sedangkan perusahaan mempunyai program CSR yang bisa disentuh kan langsung ke masyarakat. 

    "Selama ini kita hanya menunggu kepedulian Perusahaan terhadap masyrakat, tetapi sekarang pihak perusahan perlu mengetahui bahwa wabah Covid-19 bukan hanya tentang kesehatan, namun juga berdampak pada perekonomian masyarakat. Saat ini masyarakat sedang mengalami kesulitan, terutama dari kebutuhan pokok, maka dari itu sudah seharusnya pihak perusahaan menunjukan rasa kepeduliannya," tegas Is Dekam.

    Sementara itu, Is Dekam Nebraskan kembali perlu digaris bawahi oleh pihak perusahaan di Kecamatan Bukit Batu ini sangat banyak, namun kita LAMR Bukit Batu belum melihat bentuk dari kepeduliaannya. Dan kalau ada hanya segelintir saja yang ikut andil.

    "Selain pihak Pemerintah Kami juga minta terhadap pihak Perusahaan seperti PT Pertamina, PT SDA, PT. Indah Kiat, PT Pelindo, PT Syahbandar, dan lainya, untuk segera memperhatikan masyarakat setempat untuk membantu memberikan sembako,"  (Andhika)



     
    Berita Lainnya :
  • LAMR Bukit Batu Minta Semua Perusahaan Salurkan Bantuan Sembako melalui Program CSR
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, PAC PP Bukit Batu Salurkan 70 Paket Sembako Ke Warga
    02 KNPI Bukit Batu Salurkan 95 Paket Pangan
    03 Bertambah 1 Orang lagi Dari Menpura PDP Covid-19 di Siak
    04 Dua Website Update Corona Di Bengkalis Mubazir, PWI Bengkalis: Itu Boros Anggaran
    05 15 Desa di Kecamatan Siak Kecil Salurkan BLT DD ke Masyarakat Terdampak COVID-19
    06 Saat Pandemi COVID-19, Polisi Tangkap Lima Orang Diduga Pelaku Judi Kartu Di Siak
    07 Polres Siak Patroli Jam Malam, 12 Warga Nekat Berkumpul Tanpa Menggunakan Masker Berhasil Diamankan
    08 Hasil Swab Dinyatakan Satu Orang Warga Dayun Siak Positif Covid-19
    09 Agenda Tahunan, FWBS Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa
    10 Pemkab Siak Salurkan BLT kepada 16,800 Kepala Keluarga
    11 Tidak Hanya Sebagai Pengguna Narkoba, Pria Yang Diciduk Ini Juga Miliki 2 Pucuk Senjata Api Rakitan
    12 Vicon Dengan Kasatgaswil V KPK, Pj Sekda Paparkan Persiapan Penganggaran Penanganan Covid 19
    13 PT Serikat Putra Serahkan Bantuan 5 Ton Beras Untuk Desa/Kelurahan se Kecamatan Bandar Petalangan
    14 Polda Riau Gelar Sertijab, AKBP Nurhadi Ismanto Resmi Jabat Kapolres Rohil
    15 Perawat Rumah Sakit Royal Surabaya Meninggal dalam Kondisi Hamil, Berstatus PDP Covid-19
    16 GERSAN 1 Angkatan 2001 Salurkan Paket Sembako Kepada Warga Kurang Mampu
    17 Tokoh Muda Ini Mintak Pemprov Riau Carikan Solusi Jalan Berlumpur Di Bandur Picak
    18 Sisihkan Gaji, Pemdes Sepotong Santuni Anak Yatim dan Kaum Dhuafa
    19 PAN Siak Berbagi 28 Ton Beras Seluruh Kecamatan Di Kabupaten Siak
    20 Politikus PKS Meminta Pemerintah Memperhatikan Nasib Pers di Tengah Pandemi Covid-19
    21 Di Duga Wartawan Sering Di Zalimi
    22 Pasien Covid-19 Di Riau Bertambah 4 Orang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI