Selasa, 05-03-2019 - 17:30:58 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Iswandi, Refelanting Pohon Kelapa Sawit Satu Kelompok 50 Hektar | | Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Rokan Hulu Di Masjid Al Falah Desa Kembang Damai | | Jabat Sekjen LKTL, Alfedri Apresiasi Langkah Kabupaten Sintang Promosikan Kuliner Khas Daerah | | PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar | | Kejari Rohil Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media | | Peringatan Nuzul Al Quran 1440 H di Siak Di Hadiri Gubernur Riau
 
Kampanye Disekolah, Caleg dari kabupaten Meranti Bersama Tim Kampanyenya Divonis 3 Bulan Penjara
Selasa, 05-03-2019 - 17:30:58 WIB

TERKAIT:
 
  • Kampanye Disekolah, Caleg dari kabupaten Meranti Bersama Tim Kampanyenya Divonis 3 Bulan Penjara
  •  

    BENGKALIS, DELIKRIAU - Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis menvonis dua terdakwa di Kabupaten Meranti, Marsita alias Ita Binti Sumarno adalah kandidat legislatif (Caleg) dan Fajriah M alias Ria Binti Alm Mukhsin, tim kampanye, dengan hukuman penjara 3 bulan, denda Rp24 juta subsider 1 bulan kurungan penjara.

    Diketahui, Marsita alias Ita Binti Sumarno adalah kandidat legislatif (Caleg) dari Partai Gerakan Indonesia (Gerindra) Kabupaten Kepulauan Meranti, Daerah Pemilihan (Dapil) 3. Marsita dan Fajriah diduga telah melakukan pelanggaran kampanye Pemilu dengan kampanye pemilu yang terbukti di sekolah bersama timnya. pada hari Rabu (9/1/19) lalu, sekitar jam 15:17 sore

    Setelah menjalani proses pemeriksaan saksi, ahli, dan terdakwa. Hingga pembacaan surat gugatan, Pledoi, Replik dan Duplik, pada pukul 12.30 siang Ketua Mahkamah Konstitusi membacakan Kasus Pidana Pemilu No: 91-92 / Pidsus / 2019 / PN.Bkls berdasarkan hasil musyawarah majelis yang diadakan pada Senin 04 Maret 2019 atas dasar putusan menyatakan sebagai berikut:
    "Menyatakan terdakwa MARSITA Binti SUMARNO dan FAJIAH Als RIA terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum bersalah melakukan kejahatan" setiap pelaksana, peserta, petugas dan / atau tim Kampanye, secara sengaja melanggar larangan pelaksanaan Kampanye Pemilihan, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) ) huruf h bersama-sama telah menggunakan fasilitas pemerintah, tempat ibadah dan tempat pendidikan dalam kampanye "sebagaimana diatur dan dihukum dalam Pasal 280 ayat (1) huruf (b) Pasal 521 UU No.07 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum jo Pasal 55 ayat (1) KUHP ke-1 sebagaimana dalam dakwaan;
    "Mengkriminalisasi M dan F yang mengeluarkan dakwaan pidana selama 3 (tiga) bulan dan denda sebesar Rp.24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah) dengan ketentuan bahwa denda tidak dibayarkan diganti dengan denda 1 ) bulan.

    "Mengekspresikan bukti:
    3 (tiga) kalender.
    2 (dua) kartu nama,
    2 (dua) stiker,
    Dibajak karena kehancuran.

    1 (satu) kartu ID elektronik Khairia Als Ria Binti Abdul Aziz; Kembali ke hak saksi KHAIRIAH Als RIA Binti Abdul Aziz.

    Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Merit Nomor 438 / PL.01.4-Kpt / 1410 / KPU - Kab / IX / 2018 tentang Pembentukan Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Legislatif Daerah Pemilihan Umum Kabupaten Meranti Pemilihan Umum Kabupaten 2019 mengeluarkan 20 Sepetember 2018 ditandatangani oleh ABU HAMID sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum Kepulauan Meranti; 
    Surat Penunjukan sebagai Pelaksana Kampanye atas nama RIA Pada tanggal 28 September 2018 ditandatangani oleh MUKHTASOR, S.Hi sebagai LO Partai Gerindra Kabupaten Kepulauan Meranti sesuai dengan Lampiran Peraturan KPU No. 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Model K4-PK-KAB / CITY. Kembali ke kanan.

    Menentukan terdakwa untuk membayar biaya perkara sebesar Rp. 5.000, - (lima ribu rupiah).

    Sidang putusan dipimpin oleh Annisa Sitawati, SH, dua anggota Wimmi D Simarmata dan Mohd. Rizky Musmar, putusan itu dibacakan dalam sidang di PN Kartika Ruang Bengkalis, Selasa 5 Maret 2019.

    Kedua terdakwa di bawah panel yudisial terbukti bersalah melanggar UU Pilkada dan berkampanye di tempat pendidikan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) Pasal Jo Pasal 521 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP 1 .

    Selain itu, hakim juga memerintahkan kedua terdakwa ditangkap. Karena sebelumnya dalam proses persidangan kedua terdakwa tidak pernah ditahan.

    Bahwa Hakim Ketua Majelis telah menyerahkan kepada terdakwa melalui Penasihat Hukumnya (PH) mengenai upaya hukum yang mungkin dilakukan oleh terdakwa melalui PH sehubungan dengan tenggat waktu. Selanjutnya pukul 13.10 wib kelanjutan masalah pemilu. Terdakwa Marsita n Fajriah dinyatakan final oleh Hakim Majelis dan sidang ditutup.

    Selama proses berlangsung, sesi berlangsung sampai selesai berjalan dengan lancar dan teratur dan diliput oleh media dan rekan media waktu.

    Dengan keputusan ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kepulauan Meranti, Mulyadi, SH dan Lita Warman, SH, MH mengungkapkan kesukaan mereka.

    "Dengan keputusan ini kami berpikir," Mulyadi, SH dan Lita Warman, SH, MH mengatakan kepada sejumlah wartawan.

    Selain itu, juga terjadi dengan Penasihat Hukum (PH) terdakwa kedua, Bony Nofrizal, SH, yang mengungkapkan pemikiran itu. Sementara permintaan penahanan oleh majelis hakim, kedua terdakwa PH akan mengajukan penundaan.

    "Kami telah memikirkan apakah akan mengajukan banding atau tidak, dan terhadap permintaan penahanan kami akan mengajukan penundaan karena itu belum dikeluarkan," kata Bony ketika ditemui oleh wartawan setelah sidang.

    Mendengar putusan majelis hakim, seorang terdakwa dengan tenang ditemani oleh PH sementara satu terdakwa tampaknya tidak mampu menahan tangis. Saat meninggalkan ruang sidang dan terdakwa kedua menolak untuk memberikan laporan kepada wartawan.

    Sementara itu, Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan Menanggapi putusan PN Bengkalis, ketika dimintai tanggapannya oleh jurnalis delikriau.com, dia mengatakan dia mengapresiasi kinerja Bawaslu Kabupaten Meranti yang telah mampu membuktikan pelanggaran tersebut.

    "Saya menghargai kinerja Bawaslu Meranti yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu. Keputusan ini telah membuktikan bahwa kami telah bekerja dengan baik, adalah tanggung jawab kami kepada publik dalam mengendalikan Pemilu untuk berjalan dengan integritas, kami berharap tidak akan ada kasus serupa agar peserta pemilu lebih hati-hati, "kata Rusidi Rusdan kepada delikriau.com, Selasa (5/3/2019) via via Whats Up. (raf)



     
    Berita Lainnya :
  • Kampanye Disekolah, Caleg dari kabupaten Meranti Bersama Tim Kampanyenya Divonis 3 Bulan Penjara
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PT IKPP Gelar Buka Puasa Bersama Pemkab Siak dan Masyarakat Sekitar
    02 Iswandi, Refelanting Pohon Kelapa Sawit Satu Kelompok 50 Hektar
    03 Tim Safari Ramadhan Pemda Kabupaten Rokan Hulu Di Masjid Al Falah Desa Kembang Damai
    04 Jabat Sekjen LKTL, Alfedri Apresiasi Langkah Kabupaten Sintang Promosikan Kuliner Khas Daerah
    05 Peringatan Nuzul Al Quran 1440 H di Siak Di Hadiri Gubernur Riau
    06 Kejari Rohil Gelar Buka Puasa Bersama Dengan Awak Media
    07 Tepian Sungai Jantan Siak Masuk 7 Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019
    08 Dra Hj Rasidah Alfedri Resmi Dilantik sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Siak
    09 Ketua TP PKK dan Dekranasda Kabupaten Siak Dilantik, Ini Pesan Alfedri
    10 Bupati Siak Tandatangani Komitmen Bersama, Terkait Pengaduan Pelayanan Publik
    11 Ringankan Beban Mustahik, Pemkab Siak Luncurkan ATM Beras di Sabak Auh
    12 Sekda Siak, Ajak Pimpinan Perusahaan Berkontribusi Terhadap Pembangunan Daerah
    13 Bupati Siak Alfedri Apresiasi Kinerja dan Inovasi Pemerintah Kecamatan Sabak Auh
    14 Sekda Siak Sebut, Bapekam Mesti Paham Tupoksi
    15 Alfedri Pimpin Upacara Peringatan Harkitnas 2019, Penuh Hikmat
    16 Di Dumai, BNN Berhasil Gagalkan 50kg Sabu dan 23ribu Butir Ekstasi
    17 Tim Disperindag Sidak Pasar Tuah Serumpun, Harga Pokok Masih Relatif Stabil
    18 TP PKK Siak Serahkan Paket Sembako Untuk Dhuafa di Tiga Kecamatan
    19 Pemkab Rohil Laksanakan Safari Ramadhan Pertama Di Mesjid An-Nur Kecamatan Sinaboi
    20 Kronologis Bentroknya Pemuda Kecamatan Rumbai Pesisir Memakan Korban
    21 Pemkab Siak Raih Laporan Hasil Keuangan Predikat WTP Kedelapan
    22 Sekretaris Daerah Kab Siak T.Said Hamzah Sambut Kedatangan Rombongan Anggota DPR RI Komisi III
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI