Senin, 25-11-2019 - 11:19:33 WIB
Follow Us ON :
 
 
| PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit | | Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan | | Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil | | Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau | | Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum | | Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
 
Bupati Siak Pimpin Upacara Memperingati HKN
Dua Isu Kesehatan Utama Yang harus diselesaikan Pemkab Siak Terkait Membangun SDM Berkualitas
Senin, 25-11-2019 - 11:19:33 WIB

TERKAIT:
 
  • Dua Isu Kesehatan Utama Yang harus diselesaikan Pemkab Siak Terkait Membangun SDM Berkualitas
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Pemerintah Kabupaten Siak menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-55 Tahun 2019, Senin (25/11/2019) di Halaman Kantor Bupati Siak, Riau.

    Hadir dalam giat ini seluruh jajaran Forkopimda, Pimpinan OPD, Paramedis, ASN dan Honorer di Lingkup Pemerintah Kabupaten Siak.

    Bupati Siak H Alfedri, bertindak sebagai Inspektur upacara sekaligus membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto. Pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun 2019 kali ini mengusung tema “Generasi Sehat IndonesiaI Unggul”.

    Bupati Siak Alfedri saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI mengatakan, ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional”, serta dua isu lainnya yang harus diatasi, adalah tingginya harga obat dan alat kesehatan. Keempat isu di tersebut akan menjadi fokus perhatian bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya.

    Bupati Siak Alfedri menjelaskan bahwa Pembangunan SDM telah diraih, ditandai dengan adanya peningkatan indeks pembangunan manusia indonesia setiap tahun, dimana salah satu prameter yang diukur adalah usia harapan hidup. 

    "Isu-isu strategis telah terlaksana dan menghasilkan perbaikan, antara lain menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting sebesar 10% dalam 5 tahun, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dan menurunnya angka TB," jelas Bupati Alfedri.

    Lebih lanjut Bupati Alfedri menyampaikan, pada lima tahun terakhir ini pembangunan kesehatan telah memperjuangkan 3 pilar, yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya jaminan kesehatan nasional yang mengusung kegiatan promotif dan preventif melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, PIS-PK atau Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga dan NS atau Nusantara Sehat.

    "Kita patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya. Namun, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan di tanah air. Kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah Stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasa,r" ujarnya.

    Dalam kesempatan ini juga, Alfedri menjelaskan pada perspektif saat ini pembangunan kesehatan menekankan dua penguatan, yaitu optimalisasi inovasi layanan kesehatan dan harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan. Optimalisasi inovasi layanan kesehatan dimaksudkan untuk meng-efisiensikan tindakan-tindakan yang mahal, dengan mengoptimalkan inovasi pelayanan kesehatan dan penyediaan obat dan alat kesehatan produk lokal dalam negeri tanpa mengurangi kualitas dan mutu.

    Sementara, sambungnya, harmonisasi kepentingan pemangku kebijakan terkait konektivitas antar kementerian dan lembaga, lintas sektor maupun unit-unit kerja lintas program terkait lebih ditingkatkan, agar tidak terjadi tumpang tindih, sehingga fokus pada pemecahan masalah kesehatan. Tentu, semua itu membutuhkan dedikasi dan profesionalitas kinerja segenap pemangku kepentingan dalam sektor kesehatan di tingkat pusat dan daerah.

    "Melalui momentum Hari Kesehatan Nasional ini,  marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa. Saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik dalam melakukan upaya-upaya inovasi untuk percepatan pembangunan kesehatan, khususnya dalam mengentaskan stunting dan memperbaiki layanan kesehatan, membenahi tata kelola BPJS kesehatan, penyediaan obat serta alat kesehatan lokal murah berkualitas," pungkasnya.

    Dalam rangka memperingati HKN Ke-55 tahun 2019 ini, Pemerintah Kabupaten Siak melaunching pelayanan kesehatan gratis bagi keluarga miskin, lansia atau difabelitas. Kemudahan di berikan kepada mereka dengan pelayanan petugas kesehatan yang langsung datang ke rumah tanpa harus mereka yang datang langsung ke Puskesmas/Pustu, pelayanan ini akan dilakukan secara bertahap dan di mulai di beberapa Kecamatan. (fer) 



     
    Berita Lainnya :
  • Dua Isu Kesehatan Utama Yang harus diselesaikan Pemkab Siak Terkait Membangun SDM Berkualitas
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit
    02 Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan
    03 Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil
    04 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    05 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    06 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    07 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    08 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    09 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    10 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    11 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    12 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    13 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    14 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
    15 Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar
    16 Anak Usia 9 Tahun, Disetubuhi Ayah Kandung Hingga 3 Kali
    17 Peduli Kesehatan Balita dan Ibu Hamil, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Posyandu di Perbatasan
    18 Pemerintah Kecamatan Gelar Sertijab Camat Bukit Batu
    19 Satu Perempuan Diantara Tiga Pelaku Jaringan Narkoba di Perawang Diringkus Polisi
    20 Sembilan Orang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Da'i Pesisir Baznas Bengkalis
    21 2 Tersangka TP Tepikor UED SP Bukit Batu Resmi Di Tahan Kejari Bengkalis
    22 KONI Bersama Bupati Bengkalis, Membahas Persiapan PORKAB
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI