Rabu, 11-09-2019 - 16:27:57 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 29 Februari PWI Taja Porwada Catur | | Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020 | | Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri | | Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja | | Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai | | Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
 
Alfedri : Dengan Smart Kampung, Kwalitas Pelayanan Kepada Masyarakat Semakin Baik
Bupati Alfedri Buka Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019
Rabu, 11-09-2019 - 16:27:57 WIB

TERKAIT:
 
  • Bupati Alfedri Buka Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Bupati Siak Alfedri membuka secara resmi rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019. Mengawali rapat  Bupati Alfedri melakukan pemukulan gong, Rabu (11/09/2019) acara yang berlangsung di Gedung Kesenian Siak, kabupaten Siak, Riau.

    Rapat itu di hadiri oleh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompinda) Kababupaten Siak, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak, Inspektur Kabupaten. Siak, Staf Ahli, Asisten, Kepala  Badan,  Dinas,  Kantor  dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, Komisioner BAZnas kababupaten Siak, Camat se-Kabupaten Siak, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Siak, Ketua Bapekam,  Ketua LPM se-Kabupaten Siak.

    Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah yang dihadiri oleh Camat, Penghulu, Lurah, Ketua Bapekam dan Ketua LPM ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi, senergitas, pemahaman antara aparatur pejabat pemerintah daerah dengan aparatur Pemerintah Kampung agar terjalin singkronisasi dan harmonisasi dalam pelaksanaan dalam rangka mewujudkan tertib penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kabupaten Siak sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Siak.

    Bupati Siak Alfedri menyampiakan, pemerintah kampung diberi wewenang untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki, menginisiasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dengan kreatif dan inovatif, serta menyelesaikan permasalahan yang mereka hadapi dengan cerdas atau dengan sebutan lain Smart Kampung.

    Karena konsep Smart Kampung sudah berhasil di terapkan di Banyu Wangi Jawa Timur, dimana mereka seluruh Penghulu sudah melakukan kepengurusan melalui online. Melalui Aplikasi seluruh pelaporan pengunaan dana Kampung dapat di akses melalui online.

    "Hari ini kita coba menghadirkan Bupati Banyu Wangi bapak Abdullah Azwar Anas, sebagai narasumber kita namun beliau berhalangan hadir dan di gantikan Kadis infokomnya. Pelaporan Pengunaan dana desa per triwulan dapat kita ketahui mulai dari 10% 50% dan 100%, Ini dapat di ketahui oleh Bupatinya," kata Alfedri.

    Lanjut lanjut Alfedri mengutarakan, dalam rangka mendorong UMKM di kampung agar lebih kreatif, setiap kampung menerapkan one village one product (satu kampung satu produk) sehingga melalui kerjasama dengan market online produk UMKM mereka sangat laku di pasaran.

    "Ini lah yang akan kita lakukan dan saya mengharap, pengunaan dana kampung lebih ke pada pemberdayaan masyarakat, melalu Bumkam dorong produk UMKM kita agar menjadi unggulan," sebutnya.

    Konsep Smart Kampung sangat baik untuk diterapkan sehingga pemerintah dan masyarakat kampung semakin mandiri dalam membangun Kampungnya. Konsep Smart Kampung juga harus didukung oleh beberapa komponen agar penerapannya mampu memberikan dampak positif dan maksimal. 

     "Komponen tersebut antara lain Smart Institution, Smart Infrastructure, Smart Service Delivery, Smart Technology and Innovation, dan Smart Societis. Untuk menjalankan segala komponen tersebut dengan baik, dibutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik satu sama lain," sebut Alfedri.

    Lanjut kata dia, Kampung memiliki potensi-potensi yang dapat dikembangkan untuk membuka lapangan kerja, menghasilkan pendapatan yang jika dikelola dengan baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Kampung. 

     "Kita mengharapkan potensi-potensi yang ada di kampung dapat di kembangkan seperti produk unggulan yang bisa ditonjolkan sebagai icon kampung untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, seperti di hampir semua kampung di Kecematan yang ada di Kabupaten Siak, melalui kelompok sadar wisata yang di bentuk di Kecamatan Bungaraya, dan Sabag Auh tampak berkembang," terangnya.

    Dirinya juga menyampaikan, fungsi Aparatur Pejabat Daerah agar terwujudnya akselerasi Pembangunan dan pemberdayaan masyarakat menuju Smart Kampung adalah dengan mengarahkan, membimbing, serta menciptakan iklim yang menunjang terwujudnya smart kampung. Dalam hal ini saya mengarahkan kepada Kepala OPD terkait, Camat, Lurah, dan para Penghulu untuk bersinergi dalam penerapannya.

    “Beri akses dan informasi kepada Pemerintah Kampung dan masyarakat terkait hal-hal yang dapat mengembangkan potensi yang masyarakat miliki. Membangun Kampung dengan konsep Smart Kampung  tidak hanya berfokus pada penerapan kecanggihan teknologi saja, tetapi ada hal yang lebih utama, yaitu lebih kepada bagaimana konsep ini mampu mengubah kondisi masyarakat menuju keadaan yang lebih baik dan sejahtera,” terangnya.

    Menumbuhkan kesadaran di masyarakat akan pentingnya sebuah inovasi dalam usaha kecil yang berpotensi untuk menciptakan kewirausahaan, dan meningkatkan kualitas pelayanan di Kampung agar lebih mampu memberikan kenyamanan dan kepuasan pada masyarakat.

    Berkaitan dengan itu pusat pelaksanaan Smart Kampung dapat dilaksanakan di kantor Penghulu atau balai kampung, sehingga kantor Penghulu atau balai kampung akan terus didatangi masyarakat yang kemudian hal ini juga akan berdampak baik untuk hubungan antara warga kampung dan pemerintah kampung, dan kantor penghulu atau balai kampung diharapkan juga bisa berfungsi sebagai rumah kreatif.

    Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019 itu mengambil tema”Akselerasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Menuju Smart Kampung”. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Bupati Alfedri Buka Rapat Koordinasi Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Siak tahun 2019
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 29 Februari PWI Taja Porwada Catur
    02 Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020
    03 Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri
    04 Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja
    05 Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
    06 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    07 Warga Kecewa Usai Pemilihan Anggota BPD Se- Kecamatan Siak Kecil
    08 Pemerintah Pusat Sudah Kucurkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun
    09 Selain Infrastruktur pendidikan dan kesehatan, Usulkan Program Peningkatan Ekomomi Kerakyatan
    10 Perusahaan Diminta Bersinergi Dalam Pembangunan Daerah
    11 H Muhammad Ditunjuk Mendagri dan Gubernur Sebagai Plt Bupati Bengkalis
    12 Kades Novri Jefrika lakukna Kegiatan Penimbunan Jalan Di Dusun Damai, Masyarakat Berterima Kasih
    13 Pengungkapan Kasus Perdagangan Kulit Dan Organ Harimau Sumatera Di Indragiri Hulu Oleh Polda Riau
    14 Plt Bupati Bengkalis Instruksikan ASN Tetap Laksanakan Tugas Utama Melayani Masyarakat dengan Baik
    15 Polres Siak Berhasil Gagalkan Peredaran Narkoba Dari Sumbar ke Tualang
    16 Gandeng Pakar dari UNRI Dan UIN Suska, Kapolda Riau Diskusi Karhutla 2020
    17 LAMR Bukit Batu Minta Rekruitmen Tenaga Kerja PT Pertamina Prioritaskan Anak Tempatan
    18 Kompol Arvin Hariayadi Segera Menindak Tegas Peredaran Miras Di Mandau Bengkalis
    19 Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Sumbar Didampingi Bupati Kampar
    20 Bupati Kampar Serahkan langsung Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah
    21 Jubir BBDM Sulaiman Minta Tindak Tegas Bila Ada Oknum Yang Menghambat Penyaluran Hak Masyarakat
    22 Siswa SMPN 3 Lubuk Basung Antusias Ikuti Sosialisasi Hukum Dari Kejari Agam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI