Rabu, 12-06-2019 - 17:11:42 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Zesika Rozzalena Mendapat Medali Emas Cabor Pencak Silat Tingkat Provinsi Riau | | Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi RI Di Kecamatan Kunto Darussalam Berjalan Baik, dan Lan | | Bupati Siak Alfedri Buka Acara Penyuluhan Bahanya Narkoba Bagi Pelajar | | Bupari Siak Afedri Tegaskan Generasi Muda Agar Tidak Terpengaruh Narkoba | | Ka Kwarcab Alfedri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke 58 di Kabupaten Siak | | Mahasiswa UNRI Sosialisasi Cara Pembuatan Cookies Ampas Kelapa dan Selai Nenas
 
Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
Rabu, 12-06-2019 - 17:11:42 WIB

TERKAIT:
 
  • Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Wisata halal merupakan konsep yang terbilang baru dalam kajian pariwisata dewasa ini, sebagai alternatif bagi wisatawan yang tidak sekedar ingin mendapatkan kebutuhan wisata, tetapi juga kebutuhan spritual. Sebagai daerah yang didiami masyarakat melayu yang identik dengan islam, menjadi modal bagi Pemkab Siak dalam mengemas Negeri Istana sebagai tujuan wisata baru yang mengusung konsep pariwisata halal yang maju di Pulau Sumatra.
    Sekretaris Dearah Kabupaten Siak,Tengku Said Hamzah saat memimpin rapat percepatan pariwisata halal di kabupaten Siak mengatkan dalam konteks perkembangan pariwisata halal, yang tidak bisa dilepaskan dari konsep awalnya sebagai wisata religi yang berkembang menjadi pariwisata syariah, yang kemudian berkembang menjadi wisata halal.

    “Pelaksanaan pariwisata halal tidak saja terfokus pada kemasan produk makanan, namun juga sarana umum hotel dan rumah makan, kedai kopi dan café serta tempat pemotongan hewan harus menerapkan konsep halal,” kata Hamzah.

    Lebih lanjut T.S.Hamzah mengatakan, penerapan wisata halal dikabupaten Siak didasari Peraturan Bupati Siak 02 tahun 2017 kemudian Keputusan Bupati Nomor 56 Tentang Kelompok Kerja (Pokja) Pariwisata Halal. Atas dasar itu kata dia kemudian dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman lintas OPD antara Dinas Pariwisata, Dinas Perindustrian, UMKM, Pendidikan, Kemenag, LAM, dan MUI tentang pelaksanaan pariwisata halal.

    “Pelaksanaan wisata halal dikabupaten Siak didasari peraturan bupati dan keputusan Bupati siak, tentang penetapan kelompok kerja yang di dalamnya melibatkan dinas-dinas terkait. kemudian kita lakukan penandatangan nota kesepemahaman antar beberapa lembaga, yang tujuannnya agar pelaksanaanya berjalan dengan baik,”ungkapnya.

    Selanjutnya, pelaksanaan wisata halal ini sudah dimulai sejak tahun 2017 lalu, bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Siak mengeluarkan sertifikat halal kepada 60 UMKM yang ada di kabupaten Siak. Dimana untuk mendapatkan lebel halal ini membutuhkan biaya perkelompok usaha sebesar Rp 2 juta, di bantunya pelaku usah kecil ini dengan harapan produk yang dihasilkan dan di jual tercantum lebel halal.

    “Melalui dinas koperasi dan UMKM kita telah membantu Rumah industri untuk mendapatkan sertifikta produk halal dari MUI provinsi. Dengan rincian tahun 2017 di bantu 18 UMKM, 2018 22 UMKM dan 2019 sebanyak 20 UMKM jadi total keseluruhannya sejak tahun 2017-2019 berjumlah 60 umkm yang sudah mengantongi sertifikat halal,”terangnya.

    Sementara itu kepala Dinas Kesehatan kabupaten Siak Raja Toni Candra mengatakan, terdapat kendala bagi umkm kecil dalam mendapatkan lebel halal yang dikeluarkan MUI provinsi dengan biaya yang lumayan besar. Sangat dirasakkan para pelaku usaha kecil. Namun setelah ada surat edaran dari Balai POM yang menyatakan pemberian lebel halal kewenangannya dilimpahkan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten atau kota.

    “Jika lebel halal ini dilimpahkan ke MUI kabupaten kota ini sangat membantu para pelaku UMKM yang akan mendapatkan lebel halal, prosedurnya yang bersangkutan mengajukan permohonan ke LP POM MUI Provinsi, setelah melewati tahapan dan tinjau lapangan, baru dikeluarakan lebel halalnya,”terang Toni.

    Toni menghusulkan, kedepan pertama yang dilakukan dalam pemberian lebel halal bagi rumah makan yang ada di kabupaten Siak, dengan mendata dan menyurati ke masing-masing pemilik rumah makan. Untuk di lakukan sosialisasi dan bagai mana mereka nantinya mengetahui alur untuk mendapatkan lebel halal kegiatan usahanya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Pemerintah Kabupaten Siak Gesa Peluang Pariwisata Halal
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Zesika Rozzalena Mendapat Medali Emas Cabor Pencak Silat Tingkat Provinsi Riau
    02 Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi RI Di Kecamatan Kunto Darussalam Berjalan Baik, dan Lan
    03 Mahasiswa UNRI Sosialisasi Cara Pembuatan Cookies Ampas Kelapa dan Selai Nenas
    04 Bupari Siak Afedri Tegaskan Generasi Muda Agar Tidak Terpengaruh Narkoba
    05 Antisipasi Bencana Karlahut dan Kabut Asap, Pemkab. Meranti Akan Gelar Sholat Istisqo
    06 Bupati Siak Alfedri Buka Acara Penyuluhan Bahanya Narkoba Bagi Pelajar
    07 Ka Kwarcab Alfedri Pimpin Apel Besar Hari Pramuka Ke 58 di Kabupaten Siak
    08 Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan
    09 Bupati Siak Alfedri Pimpin Apel Senin Bersama Seluruh Pimpinan OPD dan ASN
    10 Karyawan PTPN 5 Sei Rokan ikut Berkorban 11 ekor Sapi
    11 Sambut Idul Adha 1440 H, Polres Siak Gelar Penyembelihan Hewan Kurban Delapan Sapi
    12 Bupati Siak Alfedri, Naik Helikoter Panatau Karhutla Di Rawang Air Putih dan Tasik Betung
    13 29 Mesjid dan Mushalla Meriahkan Pawai Takbir Idul Adha 1440 H
    14 BAZNAS Bintan Kepri Kunker ke BAZNAS Kab Siak
    15 MK Tolak Gugantan PDIP, KPU Siak Menunggu Surat Keputusan KPU Pusat
    16 Wabup H. Said Hasyim Lantik 111 Pejabat Eselon II, III dan IV Dilingkungan Pemkab Meranti
    17 Bupati Siak Hadiri Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan lahan Tahun 2019
    18 Pemkab Diduga Bertanggung Jawab Atas Mangkraknya RSUD Rohul, AMPUN-Rohul Gelar Aksi Ujuk Rasa
    19 Wanita Cantik Diduga Bandar Narkoba Berhasil Dibekuk Sat Res Narkoba Polres Siak
    20 September Mendatang, 13 Tim Dari 10 Negara Berebut Podium Tour De Siak 2019
    21 Wabup Meranti Pimpin Apel Pagi di Kantor Satpol PP, Cek Pasukan dan Beri Arahan
    22 Polsek Bangko Kembali Menangkap 2 Orang Diduga Badar Sabu Dalam Waktu 24 Jam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI