Senin, 15-04-2019 - 13:54:23 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP | | Lantik 5 Kades di Tasik Putripuyu, Ini Pesan Bupati Irwan Kepada Kades dan Masyarakat | | Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah | | Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM | | Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20 | | Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing
 
Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
Senin, 15-04-2019 - 13:54:23 WIB

TERKAIT:
 
  • Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Siak melaksanakan Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran, untuk melatih respon cepat tanggap terhadap potensi kebakaran baik dilingkungan perumahan maupun kebakaran hutan dan lahan. Para peserta penyuluhan diambil dari kaum ibu, utusan sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Kegiatan penyuluhan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Siak L. Budhi Yuwono, Senin pagi (15/04/19) di hotel Grand Royal Siak Sri Indrapura, Riau.

    Asisten Pemkesra Budhi Yuwono dalam sambutannya mengatakan, peran kaum ibu sangat besar saat terjadi kebakaran di lingkungan perumahan, karena pertama kali mengetahui terjadinya bencana kebakaran. Untuk itu melalui kegiatan penyuluhan pencegahan bahaya kebakaran yang ditaja BPBD Siak, para peserta diharapkan menjadi pelopor cepat tanggap kebakaran sekembalinya kedaerahnya masing-masing.

    "Kami berharap ibu-ibu para peserta delegasi dari masing daerah yang hadir menjadi pelopor nantinya dalam rangka edukasi bahaya kebakaran maupun respon cepat tanggap dilingkungan masyarakat," kata Budhi.

    Kata dia,  peristiwa kebakaran yang terjadi dipemukiman penduduk merupakan ancaman menakutkan bagi keselamatan harta benda, lingkungan, bahkan nyawa manusia. Biasanya dari berbagai kasus kebakaran yang terjadi dipemukiman, penyebabnya korsleting akibat arus pendek listrik dan ledakan api kompor.

    "Mudah-mudahan setelah mengikuti penyuluhan ini, ibu-ibu yang akan jadi relawan sudah mengetahui pencegahan resiko kebakaran pada tempat tinggal kita masing-masing. Jadi kalau melihat peristiwa kebakaran atau api kecil tidak perlu panik berteriak-teriak lagi, karena kita sudah paham bagaimana langkah mengatasinya bisa langsung action," ungkapnya.

    Melalui kegiatan ini nantinya jugan akan dibentuk para relawan kebakaran dari kaum wanita, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang mewajibkan terakomodirnya prinsi kesetaraan gender terkait kesamaan hak dan kewajiban dalam pembinaan masyarakat.

    "Karena itulah kegiatan ini pesertanya diambil dari ibu-ibu yang mewakili dari sejumlah kecamatan ada di Kabupaten Siak," jelas Budhi. 

    Budhi juga mengapresiasi BPBD Siak yang telah melaksanakan kegiatan ini, dan berharap kegiatan tersebut dapat dilaksanakan berkelanjutan. Saat ini kata dia, setidaknya ada 69 Kampung di Kabupaten Siak yang rawan Karhula. 

    "Kita harapkan dari 69 kampung tadi di penyuluhan ini ada yang mewakili, setelah usai dari pembekalan ini, para relawan nantinya dapat menyampaikan ilmu yang di dapat masyarakat dan tetangga setempat," sebutnya.

    Sementara itu Kepala BPBD Siak Syafrizal mengatakan, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Kebakaran ini dilakukan, agar semua lapisan masyarakat dapat memahami prinsip mitigasi bencana.

    "Kegiatan ini kita lakukan upaya kita meningkatkan pengetahuan dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat luas, khususnya kesiagaan bagi masyarakat pemukiman," ungkapnya. 

    Menurutnya, semakin tingginya pertumbuhan pembangunan, semakin tinggi tingkat resiko terhadap kebakaran hutan, lahan dan pemukiman, yang berdampak bagi rusaknya ekosistem lingkungan serta harta benda. 

    Kegiatan yang berlangsung pagi hari itu melibatkan peserta berjumlah 150 orang, dimana sebanyak 75 orang peserta berasal dari Kelurahan dan Kampung yang ada di kabupaten Siak, dengan narasumber didatangkan dari Kementerian Dalam Negeri dan BPBD Pusat. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Antisipasi Bahaya dan Penanggulangan Musibah Kebakaran. BPBD Siak Edukasi 150 Emak-emak
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wabup Meranti Lantik Kades Mengkikip, Ingatkan Penggunaan Dana Desa Harus Dimusyawarahkan Bersama BP
    02 Lantik 5 Kades di Tasik Putripuyu, Ini Pesan Bupati Irwan Kepada Kades dan Masyarakat
    03 Ditetapkan Sebagai Calon Ketua DPRD, Sekda Meranti Ucapkan Selamat Kepada Jack Ardiansyah
    04 Wabup Meranti Lantik 4 Kades di Kec. Rangsang Pesisir dan Hadiri Pelantikan Pengurus LAM
    05 Fun Bike Ikut Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Rohil ke-20
    06 Bupati Suyatno Membuka Langsung Perlombaan Mancing
    07 Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
    08 Sepakat Bersama Cegah dan Lawan Karhutla
    09 Wabup Meranti Di Kecamatan Rangsang Nonton Bola Hingga Jadi Saksi Nikah Rekan Media
    10 Polda Riau Turunkan Tim Ahli Dan Drone Khusus Menangani Karhutla Siak
    11 Bupati Pelalawan Hadiri Pembukaan FGD Strategi Dan Kebijakan Pengembangan Sistem Inovasi Sawit Sapi
    12 Bathin Hitam Sungai Medang, Ahmad Arifin Diduga Gugat BTNTN Dan Polres Pelalawan Melalui Kuasa Hukum
    13 Optimalisasi Kinerja Wabup Meranti Beri Arahan Pada Petugas Penyuluhan Perikanan
    14 Festival Batik Siak Tahun 2019 Ajang Promosikan Batik Siak
    15 BAZNAS Kab Siak Distribusikan Zakat Tahap III 2019 Sejumlah 4,7 M
    16 Tari Zapin Siak Ditetapkan Kemendikbud RI, sebagai Warisan Budaya Tak Benda
    17 13 Rumah Dilalap Sijago Merah, Diduga 2 Orang Ditemukan Tewas Terpanggang
    18 YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
    19 Wabup Meranti Beri Nasehat Pada Siswa Untuk Rajin Belajar Kejar Cita-Cita Setinggi Langit
    20 JH, Warga Bagansiapiapi Ditemukan Tewas
    21 28 Sekolah di Kabupaten Siak Ikut Serta Pameran Program PINTAR Tonoto Foundation
    22 Pemenang Siakpab Award untuk ICSB Indonesia City Awards Ketiga 2019
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI