Kamis, 27-12-2018 - 18:29:16 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Bupati Meranti Sebut Nilai SAKIP Meranti Naik Menjadi B Plus, Terbaik Se-Kabupaten Kota di Riau | | Bupati Meranti Serahkan DPA OPD dan Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas Anti KKN | | SMAN 1 Lubuk Dalam Buka Tournament Basket Ball Pelajar se Kabupaten Siak Bejalan Lancar Dan Sukses | | Warga Ciayumajakuning di Riau Gelar Silaturahmi | | Ribuan Masyarakat Menghantar Jenazah Almarhum Azis Zaenal Ke Pemakanan | | Mendagri Minta WAN THAMRIN Tegur 10 BUPATI/WALIKOTA se RIAU
 
Rehabilitasi Ruang Kelas SD dan SMP Dayun di Duga Tidak Transparan dan Terkesan Asal Jadi
Kamis, 27-12-2018 - 18:29:16 WIB

TERKAIT:
 
  • Rehabilitasi Ruang Kelas SD dan SMP Dayun di Duga Tidak Transparan dan Terkesan Asal Jadi
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Dalam rangka meningkatkan dunia Pendidikan, Pemerintah menurunkan bantuan melalui berbagai program dengan menggelontorkan dana untuk mendukung pembangunan sarana dan prasarana demi tercapainya keamanan dan kenyamanan proses belajar mengajar siswa didik yang ada di setiap daerah, namun sangat disayangkan hingga sampai saat ini masih banyak para oknum yang tidak bertanggung jawab atas amanah yang diberikan oleh pemerintah melalui dinas pendidikan, Seperti halnya yang terjadi di SD Negeri Dayin kecamatan Dayun Kabupaten Siak, yang mana mendapatkan bantuan pemerintah untuk rehabilitasi gedung ruang kelas namun diduga direalisasikan tidak sesuai juklak juknis yang sudah ditetapkan.

    Pelaksanaan bantuan rehabilitasi ruang kelas yang bersumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan tahun 2018, diduga banyak penyimpangan. Program ini seolah telah menjadi ajang korupsi berjamaah para pihak terkait. Pihak pelaksana di sekolah masih berupaya untuk mengambil keuntungan pribadi dari dana yang diterima, tentunya dengan melakukan pengurangan volume dan/atau item-item pekerjaan.

    Warga Kecamatan Dayun, Alfredo mengatakan bahwa rehabilitasi ruang Kelas SDN dan SMPN di Kecamatan Dayun terkesan asal jadi dan tidak transparan dalam pengelolaan anggaran tersebut. Ia berharap kepada instasi terkait dapat mengecek atau memeriksa (audit) pengelolaan anggaran yang di kelola oleh pihak swakelola sekolah.

    "Pihak swakelola sekolah yang beada di Kecamatan Dayun diduga pengerjaannya asap jadi saja dan tidak transparansi dalam pengelolaan anggaran pembangunan rehabilitasi ruang kelas tersebut dan kami warga Dayun berharap instasi terkait seperti unit Tipikor, BPK atau BPK Provinsi Riau dan dapat mengaudit anggaran mereka," ungkap Alfredo warga kecamatan Dayun. 

    Dari pantauan Delikriau.com dilapangan didapati beberapa hal yang diduga tidak ada keterbukaan publik di lokasi Rehabilitasi gedung sekolah tersebut, diantaranya gambar pelaksanaan Rehabilitasi ruang kelas yang tidak komplit, begitupun sebaliknya kalo ada pengerjaan tentunya harus ada gambar pengerjaan nya karena adanya pengerjaan Tentunya mengacu kepada gambar pelaksanaan, karena secara kajian teknik apabila melebihi kuantitas tentunya mengurangi kwalitas dari rencana anggaran yang sudah ditentukan. Penyimpangan tidak hanya pada pekerjaan phisik yang asal Jadi saja atau pelaksanaan di tingkat pelaksana swakelola sekolah yang bersangkutan. Indikasi penyimpangan juga terasa kental di tingkat pejabat pengelola swakelola sekolah.

    Diduga kuat sejumlah sekolah “lepas dari pengawasan pihak terkait” sehingga hasil pekerjaan tidak maksimal seperti salah satu rehabilitasi ruang kelas di SD N dan SMP N kecamatan Dayun kabupaten Siak Provinsi Riau yang terkesan asal jadi hal itu dinilai dari hasil pekerjaan yang di duga tidak maksimal seperti dinding ruang kelas yang hanya di poles cat saja tanpa harus memperbaiki sebagian tembok yang telah terkikis dan retak di makan usia bahkan lebih ironis nya rehab ruang kelas yang telah mencapai tahap finishing ini belum juga terpasang papan informasi kuat dugaan hal sedemikian dilakukan untuk mengelabui publik tentang berapa jumlah pagu anggaran dan berapa hari masa pengerjaan nya.

    Selain itu seperti jeruji kusen jendela Dan kusen pintu sebagian ada yang tidak di ganti padahal kondisi kayu sudah lapuk tidak layak pakai serta besi tiang cor tambahan di duga tidak sesuai dengan RAB mengenai ukuran yang telah di tentukan, jelas hal seperti itu adalah suatu upaya untuk meminimalkan pekerjaan demi ingin meraup keuntungan lebih besar.

    Hingga berita ini terbitkan, pelaksana swakelola, kepala sekolah SDN dan SMPN Dayun kecamatan Dayun kabupaten Siak maupun Penitia Pembangunan Sekolah (P2S), belum berhasil dikonfirmasi terkait pelaksanaan rehab ruang kelas lantaran pada saat Delikriau.com berkunjung di sekolah tersebut kepsek dan P2S tidak ada di sekolahan. (Fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Rehabilitasi Ruang Kelas SD dan SMP Dayun di Duga Tidak Transparan dan Terkesan Asal Jadi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Bupati Meranti Sebut Nilai SAKIP Meranti Naik Menjadi B Plus, Terbaik Se-Kabupaten Kota di Riau
    02 Bupati Meranti Serahkan DPA OPD dan Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas Anti KKN
    03 SMAN 1 Lubuk Dalam Buka Tournament Basket Ball Pelajar se Kabupaten Siak Bejalan Lancar Dan Sukses
    04 Warga Ciayumajakuning di Riau Gelar Silaturahmi
    05 Mendagri Minta WAN THAMRIN Tegur 10 BUPATI/WALIKOTA se RIAU
    06 Rehabilitasi Ruang Kelas SD dan SMP Dayun di Duga Tidak Transparan dan Terkesan Asal Jadi
    07 Ribuan Masyarakat Menghantar Jenazah Almarhum Azis Zaenal Ke Pemakanan
    08 Polres Siak Gelar Upacara Sertijab Kasat Reskrim
    09 Sayed Abubakar Assegaf Desak Indonesia Bela Muslim Uighur
    10 PWI Goes to School di SMAN 1 Kotogasib Siak
    11 Ini Dia Rangkaian Kegiatan Lengkap Pemkab. Meranti Sempena Hari Jadi Ke-X Tahun 2018
    12 Panwaslu Kecamatan Dayun Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2019
    13 Kabupaten Kepulauan Meranti, Ibarat Gadis Sedang Bersolek !!!
    14 Tingkatkan PAD, Pemkab Rohil Gali Potensi Daerah
    15 Pelayanan Kesehatan Menjadi Prioritas Utama Pemkab Rohil
    16 Budidaya Perikanan Di Kabupaten Rohil Terus Ditingkatkan
    17 IPTMR Gelar Silaturahmi Menyambut Mahasiswa Baru dan Seminar Interaktif
    18 Bupati Kepulauan Meranti Lantik 23 Orang Pj. Kades Se-Kabupaten Meranti
    19 Wabup Meranti Hadiri Kegiatan Gelar Pengawasan Daerah Provinsi Riau 2018
    20 Ketua PKK Meranti Hadiri Rapat Konsultasi TPKK Meranti Tahun 2018
    21 Sekda Meranti Ikuti Kegiatan Sosialisasi Donor Darah, Ajak Masyarakat Jadi Pendonor Bantu Pasien yan
    22 Wakil Bupati Meranti Tinjau Proyek Pembangunan Centra Industri IKM Sagu Sungai Tohor
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI