Kamis, 13-09-2018 - 17:17:38 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Berlangsung Semarak, Bupati Siak Alfedri Lepas Pawai Taaruf MTQ di Sungai Apit | | Bupati Siak Alfedri Resmikan Gedung Baru MA Pondok Pasantren Bahrul Ulum | | DPRD Meranti Turun Langsung ke Lapangan Melihat Progres Pembangunan Kepulauan Meranti | | Wabup Meranti Buka kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2019 | | Yama Utama Terpilih Ketua Karang Taruna Desa Ngaso | | Ketua DPRD Siak, Koperasi BUTU Agar Trsnsparan Dalam Mengelola Kayu Akasia Diatas Lahan TORA
 
Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi
Kamis, 13-09-2018 - 17:17:38 WIB

TERKAIT:
 
  • Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Anak-anak AKN tahun ini beruntung karena pada tahun ada uji sertifikasi kompetensi di Akademi Komunitas Negeri (AKN) Siak. Selain ijazah, mahasiswa AKN nantinya memperoleh sertifitkasi kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Hal itu disampaikan Bupati Syamsuar, saat membuka acara di kampus Akademi Komunitas Negeri (AKN) Siak.

    “Inilah yang saya harapkan dari dulu, tamat dari AKN ini anak-anak dapat sertifikasi profesi yang diakui oleh negara,” ujar Syamsuar dihadapan mahasiswa AKN, Kamis (13/9/2018) pagi.

    Sebab, kata Syamsuar, dengan adanya sertifikat tersebut maka keahlian mereka telah mendapatkan pengakuan, tidak hanya di tingkat nasional bahkan internasional.

    Gubernur Riau terpilih itu menyampaikan, perusahaan atau pelaku industri tidak mau merekrut karyawannya tanpa memiliki keahlian yang didukung dengan sertifikasi profesi tersebut.

    “Dengan memiliki sertifikat kompetensi, itulah bukti bahwa kalian siap untuk bekerja,” jelas Syamsuar.

    Terkait sertifikasi profesi tersebut Pemerintah kabupaten Siak telah melakukan program kerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja. Dalam program kerjasama tersebut, ada 5Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dan 1 Balai Latihan Kerja (BLK).

    “Kita sudah mengirim calon tenaga kerja ke BBPLK untuk pelatihan teknologi komputer dan elektronika. Sejumlah calon naker ini kita kirim setelah melalui seleksi yang cukup ketat dan ternyata banyak dari anak-anak AKN ini” kata mantan Camat Siak itu.  

    Masih kata Syamsuar, tingkat pengangguran terbuka (TPT) terbesar di Indonesia berasal dari tamatan SMK, rendahnya pendidikan vokasi di Sekolah Menengah Kejuruan tersebut menjadi salah satu akar masalahnya.

    Menyikapi hal itu, lanjut dia, perlu dilakukan pelatihan dan pendidikan kepada guru-guru yang mengajar pendidikan vokasi. Hal ini dipandang perlu dan segera, agar anak-anak tamatan SMK itu bisa bersaing di dunia kerja.

    Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Suprapto mengatakan, Sertifikasi Kopetensi BNSP bidang las prodi teknik mesin berlangsung dari tanggal 4 – 6 september 2018, dan hari ini sedang dilakukan ujian akhir.

    Assessor Sertifikasi Kopetensi BNSP bidang las berjumlah 4 orang, 2 orang dari Universitas Negeri Yogyakarta, 1 orang dari Politeknik Negeri Sriwijaya dan 1 orang dari AKN Siak dan diikuti sebanyak 40 orang.

    Sementara Ujian Sertifikasi Kopetensi K3 Proses prodi teknik kimia dimulai pada hari ini, yaitu tanggal 13-18 September 2018. Untuk jumlah assessor ada 5 orang, 4 orang dari Politeknik Negeri Sriwijaya dan 1 orang dari AKN Siak dan diikuti sebanyak 43 orang

    Di jelaskan Suprapto, tujuan sertifikasi kompetensi ini adalah,  memiliki bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui, kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat, bertambahnya nial jual dalam merekrut tenaga kerja, kesempatan berkarir yang lebih besar, mempunyai parameter yang jelas akan adanya keahlian dan pengetahuan yang dimiliki. 

    “Tentu tenaga kerja yang memiliki kompetensi pada suatu bidang pengetahuan mempunyai kesempatan kerja yang lebih luas dibandingkan dengan tenaga kerja yang hanya mengandalkan ijazah sebagai prasayaratnya,” ungkapnya.

    Ditambahkannya, AKN akan melaksanakan kegiatan sinkronisasi dan harmonisasi program kuliah kerja industri 6 (enam) bulan, bekerjasama dengan 21 industri dan motor penggeraknya adalah PT IKPP. Kerjasama ini tidak hanya di Prov Riau, pihak Disdikbud juga menjalin kerjasama dengan industri Palembang, Padang.

    “Mudah-mudahan program ini bisa terlaksana dengan baik, dan kompetensi lulusan AKN Siak ini betul-betul siap kerja,” harapnya.

    Disamping itu pihaknya juga telah menyiapkan kurikulum program D3 dan D4 untuk persiapan AKN menjadi politeknik, dan persiapan lainnya untuk mendorong AKN Siak ini menjadi politeknik. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Mahasiswa Dituntut Memiliki Sertifikasi Kompetensi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Berlangsung Semarak, Bupati Siak Alfedri Lepas Pawai Taaruf MTQ di Sungai Apit
    02 Bupati Siak Alfedri Resmikan Gedung Baru MA Pondok Pasantren Bahrul Ulum
    03 Wabup Meranti Buka kegiatan Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 33 Tahun 2019
    04 DPRD Meranti Turun Langsung ke Lapangan Melihat Progres Pembangunan Kepulauan Meranti
    05 Yama Utama Terpilih Ketua Karang Taruna Desa Ngaso
    06 Warga Bengkalis Kembali Menemukan Tas Biru Bergambar Panda Yang Isinya Ternyata Sabu-sabu
    07 Ketua DPRD Siak, Koperasi BUTU Agar Trsnsparan Dalam Mengelola Kayu Akasia Diatas Lahan TORA
    08 Kabupaten Siak Raih penghargaan Pastika Parahita dari Kementerian Kesehatan
    09 Tahniah Alfedri Untuk Setiono, Penggiat Lingkungan asal Sungai Apit
    10 Kebakaran Lahan Di Dayun Semakin Meluas, Kabut Asap Semakin Tebal
    11 Polres Dumai Berhasil Amankan Seorang Pelaku Narkoba Berserta Barang Bukti 1 Kg Sabu- sabu
    12 Bupati Alfedri Apresiasi Kinerja Polri
    13 Aksi Damai FKPMR Batal, Kedatangan Bupati ke Rokan IV Koto Disambut Hangat Masyarakat
    14 Tanam 1000 Bibit Mangrove, Dukung Pemulihan DAS
    15 Komisi I DPRD Kab Siak Gelar Hearing Dengan DPMK Beserta Inspektorat Pemda Siak
    16 Satpol PP Dumai Gelar Razia KTP di Jalan Budi kemuliaan
    17 Pertemuan Dan sosialisasi Keimigrasian Di Kecamatan Kandis Siak
    18 Bupati Rohil Membuka Program TMMD ke 105 Kodim 0321/Rohil
    19 9 Perusahaan Pabrik Sawit Yang Ikut Hearing DPRD Siak, Diduga 2 Diantaranya Tidak Mengantongin Izin
    20 Hearing Komisi II, Ketua DPRD Siak Kecewa Dengan Perusahan Pabrik Kelapa Sawit Yang Tidak Hadir
    21 DPRD Siak Gelar Hearing Terkait Implementasi dan Realisasi Program CSR Perusahan Kelapa Sawit
    22 Pemkab Rohil Gelar Sosialisasi Informasi Publik
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI