Jumat, 07-09-2018 - 16:06:12 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI | | Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah | | Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut | | Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019 | | Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019 | | Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
 
Ini Pesan Bupati Siak, Syamsuar Dalam Acara Penanaman 10.000 Pohon
Jumat, 07-09-2018 - 16:06:12 WIB

TERKAIT:
 
  • Ini Pesan Bupati Siak, Syamsuar Dalam Acara Penanaman 10.000 Pohon
  •  

    SIAK, DELIKRIAU - Bupati Siak H Syamsuar menyampaikan kata sambutan dalam acara Penanaman pohon, Jumat (7/9/2018) di area konservasi PT Arara Abadi, kampung Rantau Bertuah Kecamatan Minas, Kabupaten Siak.

    “kegiatan ini sudah di undang beberapa kali baru kali ini saya sempat hadir, dan apa yang kita buat hari ini bagus untuk bangsa dan negara yang merupakan bentuk pengkayaan dan sekaligus pelestarian kawasan hutan kita ini, tadi disampaikan pak haryono bukan hanya tanam tapi pelihara," ungkap Syamsuar.

    Lebih lanjut Syamsuar mengatakan bahwa perlu adanya evaluasi kita dalam rangka mengerakan tanam pohon ini, kita tidak mau kegiatan ini di anggap hanya pencitraan saja. Eksposnya luar biasa namun kalau di cari pohonya tidak ada yang hidup.

    "Kita tidak mau nama kita jelek di mata orang jepang, kita tunjukan kepada warga jepang bahwa kita komit dalam penyelamatan lingkungan, dan tolong perhatikan apa yang di tanam benar benar di pelihara, bahwa itu menjadi bukti bagi anak cucu kita kelak," jelas Syamsuar.

    Daerah ini bagian dari Giam Siak Kecil, yang wilayahnya juga masuk di kabupaten bengkalis. Harapan bupati di samping menanam, korporasi juga diharapkan membantu pemerintah daerah dalam mengawal, perusakan dan perambahan hutan sekaligus juga memperkaya kawasan konservasi yang juga terus mengalami kerusakan.

    "Saya kesini tadi kebetulan mengunakan helly, di kawasan HTI ada kawasan konservasi, saya  sangat senang kalau memang ada pengkayaan pohon, di kawasan konservasi yang di siapkan dalam HTI, " terang Syamsuar.

    Syamsuar menginginkan, bagi perusahan yang telah berinvestasi di daerah ini, mengharapkan kawasan konservasi seperti ini, ditanami jenis pohon meranti, cobalah tunjukan kepada anak cucu kita yang akan datang, apakah kebijakan yang kita lakukan ini hutan tanaman industri terus berkelanjutan, alllahu alam bissawaf.

    Karena semua pemimpin kita punya kebijakan, masa ini kebijakannya tidak bisal lagi kita menanam akasia dilahan gambut. Namun peninggalan perusahan-perusahaan yang berivestasi di daerah kita ini, diharapkan kawasan konservasi di pelihara, agar nantinya ada tanda tanda yang bisa dintunjukan oleh APP dan Sinar Mas.

    "Sehingga setelah perusahan ini tidak ada, orang tahu ini bekas meninggalan Sinar Mas yang pernah berjaya di sini," sebut Bupati Siak.

    Selanjutnya Syamsuar juga menyinggung tentang di mana tempat yang sedang berlangsung sekarang, kawasan satwa gajah. Gajah sudah masuk ke pemukiman dari tahun 2016 dan 2017  sampai ke kota Siak, pada 2016 lalu di temukan gajah belakang kantor DPRD Siak, berbulan bulan gajah liar itu di sana. Akhirnya lari ke sungai mandau, masyarakat ke takutan dan juga banyak tanaman warga yang rusak di makan gajah.

    "Saya mintak kepada dua prusahan ini membuat viding area, agar gajah tersebut tidak keluar dari wilayah habitanya, dan tidak mengangu pemukiman warga, dengan viding area gajah gajah tersebut memiliki makan," tandasnya.

    Sementara itu Kepala BBKSDA Provinsi Riau Suharyono mengatakan, kegiatan ini wujud nyata yang di lakukan oleh pihak korprorasi. Dari Perusahaan dari vripat Sektor, dalam rangka menjaga kawasan konservasi.

    Kawasan konservasi tidak hanya di hutan konservasi tetapi berada pada hutan hutan produksi yang memang dijadikan sebagi tempat tempat konservasi. "Dari 27 juta kawasan konservasi secara nasional, sudah 1 juta yang tergradasi, yang rusak baik akibat perbuatan manusia dan juga bencana. Untuk itu saya memberikan apresiasi yang nyata kepada pihak perusahaan,"tuturnya.

    Penanaman pohon meranti berjumlah 10 ribu batang ini, merupakan kegaiatan yang ke lima yang di lakukan oleh Sinar Mas dan Arara Abadi. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Ini Pesan Bupati Siak, Syamsuar Dalam Acara Penanaman 10.000 Pohon
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Perpani Siak Raih 1 emas 7 perak dan 4 perunggu di Wirabraja Open 2019
    02 Bupati Kepulauan Meranti, Menyampaikan Kritiknya Terhadap Gubernur Riau
    03 Tempat Terbaik Mengamati Gerhana Matahari Cincin (GMC) akhir 2019
    04 Kabag Humas Meranti Bantah Tudingan Gubernur Riau
    05 LAKTA Enggan Memberikan Komentar
    06 Siak Siap Kembangkan Lingkungan Berbasis Hidrologi Gambut
    07 Kades Ngaso Didampingi Direktur BumDes Ngaso Mandiri Serahkan Dana Sosial
    08 Syamsuar ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah
    09 Siak Jadi Percontohan Restorasi Gambut BRG RI
    10 Kabag Humas Sekda Meranti Ikuti Rakornas Kehumasan dan Hukum Tahun 2019
    11 Mendagri Sebut Pelantikan Gubernur Riau Kemungkinan Tanggal 20 February 2019
    12 Jaring Masukan Perubahan RPJMD, Pemkab Siak Taja Forum Konsultasi Publik
    13 Infrastruktur Kabupaten Siak Masih Lebih Baik di Riau
    14 Peringati HPN 2019, Adik Raja Dangdut Sambangi IWO Kota Bekasi
    15 Eny Suryati Isak Tangis Ucapkan Terima Kasih Kepada Bupati Syamsuar
    16 Wakil Bupati Siak Optimis Tahun Ini Meraih Pringkat Nindya
    17 Festival Perang Air Meranti Raih Rekor MURI Kategori Peserta Terbanyak di Indonesia
    18 Musim Kemarau Lebih Awal, Minta Masyarakat Waspada Karhutla
    19 Wabup Meranti Lakukan Panen Raya di Desa Anak Setatah Kec. Rangsang Pesisir
    20 Bupati Kepulauan Meranti Buka Festival Perang Air 2019
    21 Perjuangkan Nasib Eks Honorer K2
    22 Turnamen Volly Ball Kades Cup I Di Ikuti 36 Club
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI