Sabtu, 17 November 2018
Follow Us ON :
 
 
| Kapolres Akan Tindak Lanjuti Aktivitas Penambangan Tanah Timbun Tak Berizin di Siak | | Aktivitas Galian C Tak Berizin di Kabupaten Siak Kian Marak | | BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut | | Kapolda Riau Pimpin Safari Sinergitas Pemilu bersama Forkopimda Provinsi Riau Di Kabupaten Siak | | Pagar Roboh, Menimpa 6 Orang dan 2 Orang diantaranya Meninggal Dunia | | Diduga Hendak Curi Kabel Grounding PLN, Seorang Pria Tewas Tersengat Listrik
 
Belum Lantik PAW dan Tidak ada Sosialisasi
Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
Jumat, 07-09-2018 - 20:29:57 WIB
Logo Bawaslu
TERKAIT:
 
  • Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
  •  

    SIAK, DELIKRIAU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu ) Kabupaten Siak kinerjanya dinilai tertalu santai. Pasalnya sejak dilantik Agustus 2018 lalu mereka belum melakukan tugas dan tanggung jawabnya selaku bawaslu sesuai dengan tupoksinya. Salah satu contohnya belum mengganti anggota Panita pengawas  Kecamatan (Panwascam) yang mengundurkan diri karena terdaftar menjadi Calon legislatif (caleg) DPRD Siak  dan anggota Bawaslu Siak.

    “Sejak pelantikan seluruh anggota Bawaslu terpilih 15 Agustus 2018 yang berlangsung meriah itu hingga berita hari ini kami rangkum, para komisioner ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Siak periode 2018-2023 sama sekali belum ada tanda tanda untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya selaku Bawaslu sesuai dgn tupoksinya. Apakah masih melakukan hajatan atau syukuran atas terpilihnya menjadi anggota bawaslu untuk 5 tahun kedepan? Atau malah bigung tidak tau apa yg hrs dilakukan atau nunggu intruksi dari bawaslu provinsi,” ujar Agnes salah seorang warga Siak, kepada delikriau.com, Kamis (6/8/2018).

    Lebih lanjut Agnes mengatakan bahwa, jika kita melihat di beberapa Kabupaten lain, para Bawaslu sudah banyak melakukan kegiatan yang sesuai dengan tupoksi yang mereka miliki.

    “Memang di beberapa kabupaten lain banyak kita ketahui bahwa para bacaleg untuk pemilu 2019 di masing masing daerah banyak yang bersengketa dengan KPUD setempat. Apakah memang benar para bacaleg yang masuk DCS yang dirilis KPU Siak tidak ada yang bermasalah? atau memang pengawasan yang tidak dilakukan oleh para anggota panwas kecamatan. Andaikata pun memang seluruh persyaratan calon telah terpenuhi hingga munculnya DCS dan DCT pada tanggal 20 September 2018, Apakah memang tidak ada yang bisa mereka kerjakan ?,” tukas Agnes yang juga salah seorang guru ini.

    Menurut Agnes, dua orang anggota panwascam yang harus mundur itu yakni anggota Panwascam Sungai Mandau dan Anggota Panwascam Siak.

    “Anggota panwascam Sungai Mandu maju menjadi caleg dari PKS dan satunya lagi dari panwascam Siak yang lulus sebagi anggoat Bawaslu Siak.  Dan mereka ini jauh sebelumnya yang bersangkutan sudah mengajukan surat pengunduran diri dari panwascam kecamatan sungai mandau. Atau barangkali Bawaslu Kabupaten Siak maupun KPU Siak tidak mengetahui bahwa ada salah satu peyelenggara pemilu yaitu anggota panwaslu kecamatan yang ikut  mencalonkan diri untuk caleg,” ulasnya.
     
    Sementara itu pantauan dilapangan menurut beberapa anggota Panwascam, bahwa ketua dan anggota Bawaslu Kabupaten Siak belum ada sosialisasi ke masing masing kecamatan guna memberikan pemahaman undang undang no 7 tahun 2017 kepada para anggota panwas kecamatan.

    “Apalagi pemilu tahun ini adalah sebuah pemilu yang mem'iliki tingkat kerawanan maupun tingkat kesulitan dari segi pengawasan sebab dilakukan secara serentak. Begitu juga  tidak adanya evaluasi terhadap para anggota panwaslu kecamatan, apakah seluruh personil panwaslu kecamatan itu masib layak atau masih mampu untuk dipertahankan untuk menghadapi pemilu yang multi komplek dari sisi pengawasan?,” tukas salah seoarng Panwascam yang tak mau disebutkan namanya.

    Lebih lajut dikatakannya, jangan berharap dari pengalaman pilkada 2018 kemaren yang memang kita ketahui bahwa situasi kabupaten siak yang sangat kondusif.

    “Pemilu tahun ini sangat berbeda dengan pilkada segala  kemungkinan bisa terjadi khususnya kecurangan kecurangan sebab konteks hubungan emosional pada pemilu nanti sangat tinggi yang bisa merusak nilai nilak demokrasi yang sesungguhnya,” ulasnya.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh Royani mengatakan bahwa Bawaslu Kabupaten Siak sudah bekerja sesuai dengan tupoksinya, seperti surat pengunduran diri dari dua anggota panwascam yang dari Kecamatan sungai mandau dan kecamatan siak sudah kita tindak lanjuti dan kini masih dalam proses di Bawaslu tingkat provinsi Riau.

    "Kini kami hanya menunggu proses yang dilakukan oleh Bawaslu Provinsi Riau dan langkah apa yang akan kami lakukan nanti, dan kami tdak dapat memastikan kapan hasilnya. Kalau mengenai pelatikan panwascam tersebut kami harus mendapatkan intrusi dan arahan dari Bawaslu Provinsi Riau," ucap Royani saat dikonfirmasi delikriau.com, jum'at (7/9/2018) melalui via telephon selulernya. (fer)



     
    Berita Lainnya :
  • Kenerja Bawaslu Kabupaten Siak Dinilai Lamban
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 BRG RI Sebut Kabupaten Meranti Daerah Paling Cocok Untuk Penelitian Gambut
    02 Kapolda Riau Pimpin Safari Sinergitas Pemilu bersama Forkopimda Provinsi Riau Di Kabupaten Siak
    03 Pagar Roboh, Menimpa 6 Orang dan 2 Orang diantaranya Meninggal Dunia
    04 Diduga Hendak Curi Kabel Grounding PLN, Seorang Pria Tewas Tersengat Listrik
    05 Kapolres Akan Tindak Lanjuti Aktivitas Penambangan Tanah Timbun Tak Berizin di Siak
    06 Bupati Kepulauan Meranti Terima Penghargaan UKPBJ Tingkat Kematangan Pengadaan Barang/Jasa Pemerinta
    07 Wakil Bupati Siak Hadiri Upacara HDK 2018 Di Kantor Gubernur Riau
    08 Syukuran Pemugaran Istana Peraduan Siak 2018 Yang Di Bantu PT.RAPP
    09 Bupati Siak, Syamsuar Pimpin Upacara HSP ke-90
    10 Syamsuar Nobar Film IQRA' 1 Bersama Ribuan Anak Yatim di Kabupaten Siak
    11 GP Ansor Rohil kunjungi Korban Banjir
    12 Lomba Foto Tour de Siak, Ini Juaranya
    13 Bupati Irwan Buka Secara Resmi Tes CPNS Kepulauan Meranti 2018
    14 Koalisi LSM–TPK Bersama Rekan Media Kabupaten Meranti Laporkan Ke Kejari
    15 Luar Biasa!!! Kabupaten Meranti Raih Predikat WTP 6 Kali Berturut Turut
    16 Tingkatkan Kapasitas Sentra Gakkumdu, Bawaslu Gelar Pelatihan Penyidik Pemilu
    17 Wabup Rohil Terima Penghargaan Proklim Dari Kementrian KLH
    18 Usai Klarifikasi Firdaus, Bawaslu Riau Minta Pendapat Ahli Pidana
    19 Pemkab Meranti Buka Permohonan Beasiswa Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu
    20 Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Sunaryo akan berikan RSUD Meranti Alat Canggih CT SCAN
    21 Pernak Pernik Kaum Sarungan di HSN 2018
    22 Pemda, LAM dan MUI Sepakat, Permainan Ketangkasan di Meranti Terindikasi 'Judi'
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI