Jumat, 11-10-2019 - 16:56:13 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Mantan Ketua DPRD Kabupaten Rohul Balon Wakil Bupati Pilkada 2020 | | TP. PKK Desa Ngaso Taja Penyuluhan Kesehatan Lansia | | Pemkab Siak Dorong Setiap Kampung Miliki Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) | | Bupati H. Sukiman Membacakan Singkat Pencapaian Pembangunan Yang Sudah Terlaksana | | Kodim 0303 Bengkalis Bersama KB-FKPPI Bengkalis Gelar Donor Darah Sempena Hari Juang TNI AD | | Kapolda Riau Adakan Konferensi Pers Tindak Pidana Pencurian di Kawasan Perkebunan Sawit
 
Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
Jumat, 11-10-2019 - 16:56:13 WIB

TERKAIT:
 
  • Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU -Menanggapi Gugatan Perdata yg diajukan oleh Batin Hitam Sungai medang Desa Kesuma, Abdul Arifin selaku pemangku adat dan pemilik tanah ulayat perbathinan sungai medang yang hingga kini masih berstatus tersangka dan di tahan di Mapolres Pelalawan dalam kasus sebagaimana dalam pasal 92 Ayat 1 huruf a Jo Pasal 17 Ayat 2 huruf b Undang-undang RI No 18 tahun2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan Hutan/atau Pasal 40 Ayat 2 Jo Pasal 33 Ayat 3 Undang-undang RI No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, salah satu praktisi Hukum di Pelalawan.

    Menanggapi hal tersebut Apul Sihombing, SH.MH angkat bicara, Jumat (11/10/2019) mengatakan bahwa gugatan perbuatan melawan hukum (PMH) yang dilakukan oleh Abdul Arifin selaku pemangku perbathinan hitam sungai medang, yang diwakilkan oleh kuasa hukumnya dari OBH Seroja 77, dengan tergugat Balai TNTN selaku tergugat 1 dan Polres Pelalawan selaku tergugat 2, kalau di hubungkan dengan putusan Pengadilan Negeri Pelalawan nomor 282/Pid.Sus/2017/PN.PLW, dengan Terdakwa Yorlis Kampar als Kinta dkk dengan putusan lepas dari segala tuntutan hukum (onslag van alle recht vervorlging).

    "Dalam pertimbanganya majelis hakim berpendapat  bahwa terdapat sengketa lahan antara arara abadi dengan masyarakat adat perbatinan bathin hitam sungai medang sehingga tindakan terdakwa yang melakukan penebangan pohon sebagaiman pasal 82 uu no 18 thn 2003 di arela ulayat bathin hitam  Desa kesuma bukan perbuatan pidana, artinya dengan sendirinya putusan diatas telah menguatkan pengakuan negara terhadap keberadaan tanah ulayat bathin hitam sungai medang Desa Kesuma, oleh karenanya bila nantinya putusan perdata atas gugatan  bathin hitam sungai medang di kabulkan,  maka tindakan atau perbuatan menguasai oleh masyarakat adat haruslah di anggap sah dan berhak. untuk itu tindakan menguasai dan mengolah tanah ulayat oleh masyarakat adat perbathinan sebagai peruntukan pemenuhan kehidupan  anak kemanakan selaku pemilik tanah ulayat adalah sah dan harus di hormati," terang Apul.

    Lebih lanjut Apul mengatakan apabila nantinya putusan perdata mengabulkan gugatan perdata Bathin Abdul Arifin tersebut,maka demi hukum tindakan penguasaan dan penyerahan sebagian terhadap anak kemanakan baik yang secara organik ataupun yg di angkat menjadi anak kemanakan  melalui pengukuhan adat perbathinan sungai medang Desa kesuma adalah sah oleh karenanya  unsur sengaja dalam pasal 92 uu no 18 thn 2003 sebagaimana dalam sangkaan penyidik Polres Pelalawan tidak terbukti. dimana unsur orang perseorangan yang dengan sengaja: a. melakukan kegiatan perkebunan tanpa izin 
    Menteri di dalam kawasan hutan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 ayat (2) huruf b; dan/atau b. membawa alat-alat berat dan/atau alat-alat yang lazim atau patut diduga akan digunakan untuk melakukan kegiatan perkebunan dan/atau mengangkut hasil kebun di dalam kawasan hutan tanpa izin menteri.

    "Unsur sengaja dalam pasal ini adalah harus di buktikan apakah perbuatan Abdul Arifin merupakan perbuatan yg di larang? dan selanjutnya berdasarkan SK Bupati Pelalawan Nomor : KPTS.140/PEM/2011/433 tentang pembentukan Tim Penyelesaian permasalahan sengketa lahan forum kerukunan masyarakat petani Desa Kesuma berkaitan dengan perluasan taman nasional Tesso Nilo, dimana dengan terbitnya SK itu semakin menguatkan bahwa masih terdapat sengketa kepemilikan antara Masyarakat adat perbathinan batin hitam sungai medang dengan Balai TNTN yg harusnya di selesaikan secara hukum perdata," jelas Apul.

    Jadi Berdasarkan uraian diatas maka demi hukum penetapan tersangka dan penahanan terhadap abdul arifin harus segera di tinjau dan atau di anulir melalui surat perintah penghentian penyidikan atau sppp, mengingat proses peradilan perdata membutuhkan waktu yang tidak sedikit,tutup Apul. (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Abd Arifin Gugat Balai TNTN Praktisi Hukum Apul Sihombing, SH,MH Demi Hukum Penyidik Hentikan Penyid
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 TP. PKK Desa Ngaso Taja Penyuluhan Kesehatan Lansia
    02 Pemkab Siak Dorong Setiap Kampung Miliki Kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH)
    03 Mantan Ketua DPRD Kabupaten Rohul Balon Wakil Bupati Pilkada 2020
    04 Kodim 0303 Bengkalis Bersama KB-FKPPI Bengkalis Gelar Donor Darah Sempena Hari Juang TNI AD
    05 Kapolda Riau Adakan Konferensi Pers Tindak Pidana Pencurian di Kawasan Perkebunan Sawit
    06 Tim Revitalisasi Budaya Kabupaten Serdang Bedagai Kunker Ke Siak
    07 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS, Bersama Masyarakat Bangun Saluran Irigasi di Desa Netamnanu
    08 Asisten I Sekdakab Meranti Hadiri Sosialisasi kegiatan Survei Seismik 2D dan 3D KKS EMP Malacca stra
    09 Bupati Irwan Hadiri Hakordia 2019 Bersama Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin
    10 Bupati Siak, Alfedri Hadiri Pembukaan HAKORDIA
    11 Putra Terbaik Kecamatan Ujungbatu Balon Bupati Rohul Tahun 2020
    12 Narkoba Ancam Semua Kalangan Di Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak
    13 Rasidah Alfedri dan Rahimawati Hamzah Sampaikan Ucapan Tahniah Hari Jadi Dharma Wanita Persatuan ke
    14 Polsek Kampar Ringkus 3 Pelaku Curanmor Beserta 7 Sepeda Motor Barangg Bukti
    15 Suyatno Membuka Bimtek Bumkep dan Pembinanaan Keuangan Desa se Kabupaten Rohil 2019
    16 Kapolres Siak Cek Titik Rawan Laka Disejumlah Jalan di Siak, Jelang Hari Natal & Tahun Baru 2020
    17 Polres Bengkalis Berhasil Gagalkan Praktik Human Traficking
    18 Bupati Siak Alfedri Diundang Hadiri Malam Anugerah FFI 2019
    19 Pemkab Siak Habiskan Duit Rp1 Miliar Untuk Gerhana Matahari Cincin
    20 14 Desember, Alumni SMPN 1 Bengkalis Angkatan Tahun 1996 Gelar Reuni Ke-2
    21 Tahun 2020, Dana Desa Kabupaten Siak Naik Menjadi Rp153 Miliar
    22 Lembaga Dakwah NU Riau Dukung Tindakan Sekretaris Disduk Capil Kampar Tolak Suap Dalam Pelayanan
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI