Sabtu, 07-09-2019 - 16:45:50 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 29 Februari PWI Taja Porwada Catur | | Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020 | | Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri | | Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja | | Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai | | Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
 
Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
Sabtu, 07-09-2019 - 16:45:50 WIB

TERKAIT:
 
  • Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Kelompok tani Saung Tanjung Pulau Sejahtera, desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk meranti ini pantas mendapatkan apresiasi, melihat hasil panen kelompok tani persawahan ini, dimana dalam kurun waktu satu tahun bisa mencapai 3 kali panen. Dengan hasil per hektarnya bisa mencapai  8.7 ton. Maka dari itu  kelompok tani ini perlu didukung dan diberdayakan  oleh pemerintah  Daerah karna ini bisa menjadi salah satu penghasil  suasembada pangan untuk Kabupaten Pelalawan 

    Penasehat Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtra, Amirudin kepada awak media Sabtu (07/09/2019) menjelaskan tentang Sejarah lahan  kelompok tani ini awal dibuka nya sebelumnya adalah hutan.

    "Maka kami bersama dengan anggota kelompok tani dengan bantuan alat berat eksepator dari pemerintah Kab Pelalawan yang di pasilitasi  oleh  Bpk H. Suprianto Sp, sewaktu masih menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Kab Pelalawan yang juga sekaligus  sebagai pembina kelompok tani Tanjung Pulai Sejahtera, sehingga  kelompok tani persawahan ini bisa menjadi seperti sekarang ini," jelas Amirudin.
             
    Lebih lanjut Amirudin menambahkan awalnya lahan ini sebelum di garap menjadi persawahan kondisinya adalah hutan lalu kami buka untuk kami jadikan lahan pertanian dengan dukungan dari pembina kelompok tani, H Suprianto Sp, dalam proses pembukaan kelompok tani persawahan ini kami sering menghadapi intimidasi dari pihak PT ARARABADI, pihak perusahaan ini megklaim bahwah lahan tersebut milik PT Ararabadi dengan tujuan agar  kami jangan mengerjakan lahan tetsebut.

    "Tapi kami akan tetap maju sebab kami tahu dulunya hutan ini di tempati oleh masyarakat ada sekitar 10 kk yang sudah bermukim  disini Sejak tahun 1908.
    Nah...dengan dasar sejarah inilah kami memberanikan diri untuk membuka hutan ini menjadi lahan pertanian padi, dalam proses pembukaan kelompok tani persawahan ini Kami dibantu oleh pemerintah untuk  membuka hutan ini dengan alat berat dan kami diberikan minyak solar untuk alat berat ini pak. Sehingga lahan ini sudah terbuka ada sekitar 35 hektar. Rencana kami kedepannya  lahan pertanian yang akan kami buka sekitar 135 hektar, 100 hektar untuk lahan pertanian padi, dan 35 hektar untuk lahan tanaman muda seperti sayur- sayuran dan kacang- kacangan. Dan  saat ini Jumlah anggota kelompok tani saung Tanjung pulai sejahtra ada 86 orang," terangnya.

    Ketua kelompok tani saung tanjung pulai sejahtera, Medi menambahkan kepada awak media dan pada saat pertemuan itu juga dihadiri oleh ketua Indonesia duta lingkungan hidup (IDLH) Pranseda Simanjuntak. S.H bahwa aliran sungai Merawang yang mereka pakai untuk mengalirkan air kepersawahan mereka sedang mengalami masalah saat ini, Karna Diduga sungai Merwang ini dibendung oleh pihak PT. ARARABADI.

    "Sehingga sungai ini tidak bisa mengalir lagi dengan baik sebagai irigasi kepersawahan, kami memamfaatkan aliran sungai merawang tersebut, inilah kendala kami saat ini Pak," ungkapnya.
             
    Ketua IDLH Kab Pelalawan, Pranseda  Simanjuntak SH menyampaikan kepada para petani jika  PT Ararabadi memang benar melakukan penutupan sungai, diduga PT Ararabadi sudah melakukan pelanggaran hukum.

    "Maka dari itu kita perlu melakukan investigasi untuk mendapatkan  bukti bukti, Seperti bentuk photo dan vidio dari sungai yang diduga di tutup Oleh PT Ararabadi kalau memang terbukti ada penutupan sungai,maka kita akan lakukan upaya hukum," tegas Pranseda Simanjuntak SH. (Iren)



     
    Berita Lainnya :
  • Kelompok Tani Saung Tanjung Pulai Sejahtera Berharap Dukungan Dari Pemda Pelalawan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 29 Februari PWI Taja Porwada Catur
    02 Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020
    03 Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri
    04 Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja
    05 Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
    06 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    07 Warga Kecewa Usai Pemilihan Anggota BPD Se- Kecamatan Siak Kecil
    08 Pemerintah Pusat Sudah Kucurkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun
    09 Selain Infrastruktur pendidikan dan kesehatan, Usulkan Program Peningkatan Ekomomi Kerakyatan
    10 Perusahaan Diminta Bersinergi Dalam Pembangunan Daerah
    11 H Muhammad Ditunjuk Mendagri dan Gubernur Sebagai Plt Bupati Bengkalis
    12 Kades Novri Jefrika lakukna Kegiatan Penimbunan Jalan Di Dusun Damai, Masyarakat Berterima Kasih
    13 Pengungkapan Kasus Perdagangan Kulit Dan Organ Harimau Sumatera Di Indragiri Hulu Oleh Polda Riau
    14 Plt Bupati Bengkalis Instruksikan ASN Tetap Laksanakan Tugas Utama Melayani Masyarakat dengan Baik
    15 Polres Siak Berhasil Gagalkan Peredaran Narkoba Dari Sumbar ke Tualang
    16 Gandeng Pakar dari UNRI Dan UIN Suska, Kapolda Riau Diskusi Karhutla 2020
    17 LAMR Bukit Batu Minta Rekruitmen Tenaga Kerja PT Pertamina Prioritaskan Anak Tempatan
    18 Kompol Arvin Hariayadi Segera Menindak Tegas Peredaran Miras Di Mandau Bengkalis
    19 Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Sumbar Didampingi Bupati Kampar
    20 Bupati Kampar Serahkan langsung Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah
    21 Jubir BBDM Sulaiman Minta Tindak Tegas Bila Ada Oknum Yang Menghambat Penyaluran Hak Masyarakat
    22 Siswa SMPN 3 Lubuk Basung Antusias Ikuti Sosialisasi Hukum Dari Kejari Agam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI