Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 29 Februari PWI Taja Porwada Catur | | Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020 | | Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri | | Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja | | Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai | | Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
 
Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB

TERKAIT:
 
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir. PhDAk, resmikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan atau Kerinci Tissue Culture Laboratory milik PT Riau Andalan Pulo and paper (RAPP), Minggu (1/09/2019)

    Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir, dalam sambutannya mengatakan kulture jaringan adalah salah satu riset yang perlu terus dikembangkan. Para peneliti menjadi aset yang sangat penting. Merekalah yang berperan dalam inovasi untuk meningkatkan produksi dengan luas lahan yang sama. Hal inilah yang dapat dicapai lewat riset seperti kultur jaringan ini.

    "Riset adalah tantangan kita masa depan dan perlu kita dorong. Dan laboratorium ini bisa mendukung perusahaan lebih baik lagi," jelas M. Nasir.

    Lebih lanjut M Nasir mrnyampaikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci atau Kerinci Tissue Culture (KTC) Laboratory merupakan fasilitas produksi tanaman eukaliptus dengan teknologi kultur jaringan. Teknologi kultur jaringan dapat meningkatkan jumlah produksi bibit tanaman eukaliptus secara lebih efektif dan efisien untuk penanaman skala besar karena dapat diproduksi bersamaan dalam waktu singkat.

    "Kultur jaringan sebagai bagian dari Departemen Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) Department RAPP (APRIL Group) fokus dalam melakukan berbagai penelitian untuk mengembangkan bibit berkualitas unggul sebelum ditanam," terang Nasir.

    Selajutnya Direktur Operasional Support PT RAPP, Ali Shabri menambahkan Departemen R&D didukung 125 peneliti yang meneliti dan menyeleksi klon atau benih terbaik guna menemukan bibit unggul dengan karakter yang cepat tumbuh, tahan terhadap hama dan penyakit, serta memiliki sifat kayu yang cocok dengan kebutuhan industri.

    “Setelah mendapatkan benih terbaik, fasilitas Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci yang baru ini akan memperbanyak bibit terbaik sehingga proses penanaman hingga pemanenan kami akan lebih efektif dan efisien,” ujar Ali Shabri selaku Direktur Operasional Support PT RAPP.

    Kemudian Ali Shabri menjelaskan RAPP berinvestasi hingga 5 juta dollar AS untuk pembangunan fasilitas KTC ini. Proses kegiatan produksi bibit eukaliptus yang diawali dengan pembuatan media yang digunakan untuk tahap multiplikasi, elongasi dan perakaran.

    Dalam tahap multiplikasi para pekerja yang mayoritas perempuan memperbanyak tunas eukaliptus dilanjutkan dengan tahap elongasi hingga batang tunas tumbuh tinggi. Pada tahap akhir, tanaman tersebut diinduksi untuk membentuk akar. Selanjutnya tanaman tersebut dipelihara diruangan dimana suhu, kelembaban dan pencahayaan dikendalikan dengan baik agar tanaman dapat beradaptasi di ruangan terbuka.

    “Seluruh ruangan dan pekerja yang berada di New KTC harus selalu dalam keadaan steril agar kualitas bibit eukaliptus yang dihasilkan melalui metode kultur jaringan ini dapat terjaga,” lanjut Ali.

    Kerinci Tissue Culture memiliki fasilitas 16 growth room yang dapat memproduksi sebanyak 36 juta bibit eukaliptus per tahun.

    Grup APRIL adalah produsen fiber, pulp dan kertas terkemuka yang beroperasi di Provinsi Riau, Indonesia. Kami berkomitmen terhadap keberlanjutan dalam berbisnis serta di lanskap yang lebih luas di mana kami beroperasi.

    Di bawah model perlindungan produksi, kami mengadopsi tujuan 1-untuk-1 dimana setiap satu hektar hutan tanam, kami melakukan konservasi dan restorasi 1 hektar ekosistem hutan alam dan telah berhasil memulihkan sekitar 370.000 hektar hutan, termasuk proyek restorasi lahan gambut terbesar di Indonesia. (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 29 Februari PWI Taja Porwada Catur
    02 Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020
    03 Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri
    04 Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja
    05 Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
    06 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    07 Warga Kecewa Usai Pemilihan Anggota BPD Se- Kecamatan Siak Kecil
    08 Pemerintah Pusat Sudah Kucurkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun
    09 Selain Infrastruktur pendidikan dan kesehatan, Usulkan Program Peningkatan Ekomomi Kerakyatan
    10 Perusahaan Diminta Bersinergi Dalam Pembangunan Daerah
    11 H Muhammad Ditunjuk Mendagri dan Gubernur Sebagai Plt Bupati Bengkalis
    12 Kades Novri Jefrika lakukna Kegiatan Penimbunan Jalan Di Dusun Damai, Masyarakat Berterima Kasih
    13 Pengungkapan Kasus Perdagangan Kulit Dan Organ Harimau Sumatera Di Indragiri Hulu Oleh Polda Riau
    14 Plt Bupati Bengkalis Instruksikan ASN Tetap Laksanakan Tugas Utama Melayani Masyarakat dengan Baik
    15 Polres Siak Berhasil Gagalkan Peredaran Narkoba Dari Sumbar ke Tualang
    16 Gandeng Pakar dari UNRI Dan UIN Suska, Kapolda Riau Diskusi Karhutla 2020
    17 LAMR Bukit Batu Minta Rekruitmen Tenaga Kerja PT Pertamina Prioritaskan Anak Tempatan
    18 Kompol Arvin Hariayadi Segera Menindak Tegas Peredaran Miras Di Mandau Bengkalis
    19 Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Sumbar Didampingi Bupati Kampar
    20 Bupati Kampar Serahkan langsung Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah
    21 Jubir BBDM Sulaiman Minta Tindak Tegas Bila Ada Oknum Yang Menghambat Penyaluran Hak Masyarakat
    22 Siswa SMPN 3 Lubuk Basung Antusias Ikuti Sosialisasi Hukum Dari Kejari Agam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI