Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB
Follow Us ON :
 
 
| Warga Sintong Gempar Dengan Di Temukan Sosok Mayat Wanita Setengah Bugil | | Bupati Alfedri Ucapkan Do,a dan Tahniah Kepada 40 Anggota DPRD Kab Siak Priode 2019-2024 Yang Resmi | | DPRD Siak Yang Termuda Dan Suara Yang Hanya Ratusan | | Anggota DPRD Siak 2019-2024 Dilantik, Berikut Nama-Nama Beserta Partainya | | Pisah Sambut, Letkol Inf Didik Efendi Meminta Jajaran Kodim 0321 Rohil Tetap Semangat dan Menjaga Ke | | Diduga PT Adei Plantation & Industri Bakar Lahan Untuk Replanting
 
Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
Rabu, 04-09-2019 - 12:24:01 WIB

TERKAIT:
 
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  

    PELALAWAN, DELIKRIAU - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir. PhDAk, resmikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan atau Kerinci Tissue Culture Laboratory milik PT Riau Andalan Pulo and paper (RAPP), Minggu (1/09/2019)

    Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof,H.Muhammad Nasir, dalam sambutannya mengatakan kulture jaringan adalah salah satu riset yang perlu terus dikembangkan. Para peneliti menjadi aset yang sangat penting. Merekalah yang berperan dalam inovasi untuk meningkatkan produksi dengan luas lahan yang sama. Hal inilah yang dapat dicapai lewat riset seperti kultur jaringan ini.

    "Riset adalah tantangan kita masa depan dan perlu kita dorong. Dan laboratorium ini bisa mendukung perusahaan lebih baik lagi," jelas M. Nasir.

    Lebih lanjut M Nasir mrnyampaikan Gedung Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci atau Kerinci Tissue Culture (KTC) Laboratory merupakan fasilitas produksi tanaman eukaliptus dengan teknologi kultur jaringan. Teknologi kultur jaringan dapat meningkatkan jumlah produksi bibit tanaman eukaliptus secara lebih efektif dan efisien untuk penanaman skala besar karena dapat diproduksi bersamaan dalam waktu singkat.

    "Kultur jaringan sebagai bagian dari Departemen Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) Department RAPP (APRIL Group) fokus dalam melakukan berbagai penelitian untuk mengembangkan bibit berkualitas unggul sebelum ditanam," terang Nasir.

    Selajutnya Direktur Operasional Support PT RAPP, Ali Shabri menambahkan Departemen R&D didukung 125 peneliti yang meneliti dan menyeleksi klon atau benih terbaik guna menemukan bibit unggul dengan karakter yang cepat tumbuh, tahan terhadap hama dan penyakit, serta memiliki sifat kayu yang cocok dengan kebutuhan industri.

    “Setelah mendapatkan benih terbaik, fasilitas Laboratorium Kultur Jaringan Kerinci yang baru ini akan memperbanyak bibit terbaik sehingga proses penanaman hingga pemanenan kami akan lebih efektif dan efisien,” ujar Ali Shabri selaku Direktur Operasional Support PT RAPP.

    Kemudian Ali Shabri menjelaskan RAPP berinvestasi hingga 5 juta dollar AS untuk pembangunan fasilitas KTC ini. Proses kegiatan produksi bibit eukaliptus yang diawali dengan pembuatan media yang digunakan untuk tahap multiplikasi, elongasi dan perakaran.

    Dalam tahap multiplikasi para pekerja yang mayoritas perempuan memperbanyak tunas eukaliptus dilanjutkan dengan tahap elongasi hingga batang tunas tumbuh tinggi. Pada tahap akhir, tanaman tersebut diinduksi untuk membentuk akar. Selanjutnya tanaman tersebut dipelihara diruangan dimana suhu, kelembaban dan pencahayaan dikendalikan dengan baik agar tanaman dapat beradaptasi di ruangan terbuka.

    “Seluruh ruangan dan pekerja yang berada di New KTC harus selalu dalam keadaan steril agar kualitas bibit eukaliptus yang dihasilkan melalui metode kultur jaringan ini dapat terjaga,” lanjut Ali.

    Kerinci Tissue Culture memiliki fasilitas 16 growth room yang dapat memproduksi sebanyak 36 juta bibit eukaliptus per tahun.

    Grup APRIL adalah produsen fiber, pulp dan kertas terkemuka yang beroperasi di Provinsi Riau, Indonesia. Kami berkomitmen terhadap keberlanjutan dalam berbisnis serta di lanskap yang lebih luas di mana kami beroperasi.

    Di bawah model perlindungan produksi, kami mengadopsi tujuan 1-untuk-1 dimana setiap satu hektar hutan tanam, kami melakukan konservasi dan restorasi 1 hektar ekosistem hutan alam dan telah berhasil memulihkan sekitar 370.000 hektar hutan, termasuk proyek restorasi lahan gambut terbesar di Indonesia. (Dav)



     
    Berita Lainnya :
  • Menristek Dikti Resmikan Gedung Labiratorium Kultur Milik PT. RAPP
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Warga Sintong Gempar Dengan Di Temukan Sosok Mayat Wanita Setengah Bugil
    02 Diduga PT Adei Plantation & Industri Bakar Lahan Untuk Replanting
    03 Pisah Sambut, Letkol Inf Didik Efendi Meminta Jajaran Kodim 0321 Rohil Tetap Semangat dan Menjaga Ke
    04 Tindak Lanjut Dari Intruksi Presiden RI, Pemkab Pelalawan Gelar Rapat Koordinasi Penaganan Karhutla
    05 Nur Amrul Fachruddin Mazuki Pembalap Malaysia Dari Trengganu Cycling Team, Raih Juara Etape Pertama
    06 Akibat Kabut Asap, 11 Team Pembalap Tour de Siak Di Etape I Memakai Masker
    07 11 Team Pembalap Tdsi 2019, Di Lepas Bupati Siak Alfedri
    08 Tour de Siak masuk TOP 100 Kalender Wisata Nasional, Siak Diharapkan Jadi Barometer Ekraf di Riau
    09 Gubernur dan Bupati Alfedri Hadiri Pengukuhan Pemangku Adat Kampung Sungai Berbari
    10 Syamsurizal Pimpin IKMR Kabupaten Siak Periode 2019-2024, Rencanakan Pelantikan November
    11 Lagi Lagi Kebakaran Lahan Gambut Perkebunanan Sawit Di Kab Pelalawan
    12 Akibat Kabut Asap, Sejumlah Nelayan Hentikan Melaut Di Kabupaten Rohil
    13 Apul Sihombing,SH,MH Resmi Ambil Formulir Pendaftaran Cabup Pelalawan Dari Partai PDIP
    14 Korban Ambruknya Dermaga Tanjung Buton Siak, Telah Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal
    15 Ribuan Masyarakat Siak, Ikut Fin Bike Event TdSi Tahun 2019
    16 Apul Sihombing Besok Akan Ambil Formulir Pendaftaran Di Kantor PDI Untuk Pencalonan Pilkada Pelalawa
    17 Dermaga Tanjung Buton Siak Ambruk, Seorang Honorer Dishub Dalam Pencarian
    18 Kronologis Ambruknya Dermaga Pelabuhan Tanjung Buton
    19 Dermaga Tanjung Buton Siak, Ambruk
    20 Bupati Meranti Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Perhubungan Tahun 2019
    21 Bupati Meranti Buka Diklat BST Angkatan XXV Gelombang V Tahun 2019
    22 Anggota DPRD Siak 2019-2024 Dilantik, Berikut Nama-Nama Beserta Partainya
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI