Selasa, 08-10-2019 - 21:15:29 WIB
Follow Us ON :
 
 
| PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit | | Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan | | Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil | | Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau | | Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum | | Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
 
YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
Selasa, 08-10-2019 - 21:15:29 WIB

TERKAIT:
 
  • YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU - Sempena menyambut hari jadi yang ke-14 YLBHI-LBH Pekanbaru mengadakan acara talk show di gedung balai Lembaga Adat Melayu Riau jalan Diponegoro, Pekanbaru pada Selasa (8/10/2019) pagi tadi dengan mengusung tema Tapak tilas peran LBH Pekanbaru dalam mewujudkan acces to justice di provinsi Riau.

    Diawali kata sambutan dari Andri Alatas selaku Ketua Panitia kegiatan dari YLBHI-LBH Pekanbaru tentang pengenalan dan harapan YLBHI-LBH Pekanbaru kedepannya, acara dilanjutkan dengan talk show yang dibawakan oleh Rian Sibarani, kepala divisi sosial dan budaya di LBH Pekanbaru.

    Rian Sibarani mengatakan, berdirinya LBH Pekanbaru dikarenakan banyaknya pelanggaran hukum dan kasus yang terjadi di Pekanbaru, dan selain kasus biasa LBH Pekanbaru lebih fokus kepada kasus lingkungan, korupsi, perburuhan dan perilaku hakim.

    Dalam acara talk show juga dihadirkan beberapa orang pembicara, diantaranya Suryadi, Mantan Direktur YLBHI-LBH Pekanbaru pada tahun 2011-2013 dan juga menjabat Ketua DPD IKADIN Riau. Indra Jaya (advokat senior) sejak 2007 yang juga menjadi advokasi dilembaga lingkungan hidup. Aditia Bagus Santoso, Direktur YLBHI-LBH Pekanbaru. Hotman Paruliaan Siahaan, koordinator Penghubung KY Riau.

    Mantan Direktur YLBHI-LBH Pekanbaru, Suryadi mengatakan, untuk masuk LBH itu dahulunya pada tahun 2005 harus mengikuti latbakum, (latihan bantuan hukum) dan LBH merupakan sebuah lembaga yang berkerja secara sosial atau tanpa gaji.

    "Rata-rata 30 kasus pertahun yang ditangani oleh LBH Pekanbaru, dan setiap perkara yang ditangani tidak dipungut biaya," ujar Suryadi.

    Dalam sesi tanya-jawab beberapa komunitas dan kelompok yang hadir ada beberapa komunitas yang mengucapkan selamat hari ulang tahun dan terima kasih kepada LBH Pekanbaru.

    Diantaranya dari kelompok disabilitas, usai memberikan apresiasi kepada LBH Pekanbaru, perwakilan kelompok ini memberikan saran kepada LBH Pekanbaru agar memberikan bantuan hukum kepada kelompok disabilitas yang tuna rungu agar punya orang atau tim yang bisa mengerti bahasa tuna rungu guna memudahkan dalam bantuan hukum.

    Dan dari Komunitas pengajian selain memberikan ucapan selamat ulang tahun juga menanyakan apakah LBH Pekanbaru sudah punya usaha untuk menangkis anggapan negatif dari pihak lain, seperti adanya isu yang beranggapan LBH Pekanbaru membela aliran sesat, LGBT serta tuduhan negatif lainnya.

    Dalam menanggapi hal tersebut koordinator Penghubung KY Riau, Hotman Paruliaan Siahaan mengatakan, siapapun harus mendapatkan perlakuan hukum yang sama.

    "Siapa pun dia, dia harus mendapatkan perlindungan hukum, terlepas apapun keyakinannya itu, meskipun konotasi negatifnya ya saya pasti akan dicap membela aliran sesat," jawabnya.

    Ia juga menambahkan, siapapun itu selama dia warga negara harus mendapatkan hak yang sama dimata hukum, termasuk dalam menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing.

    "Makanya LBH mengambil garis lurus, siapapun itu, kalau dia warga negara, dia harus tetap mendapatkan hak yang sama," tambahnya.

    Sementara itu Aditia menjawab bahwa yang dibela adalah subjeknya, hak dia sebagai warga negara, bukan perbuatannya. (Raf)



     
    Berita Lainnya :
  • YLBHI-LBH Pekanbaru Gelar Acara Talk Show
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 PT BDP Rencanakan Pembuatan Tug Boat Sebanyak Dua Unit
    02 Jalan Di Desa Bandar Jaya Masuk Usulan Pembangunan
    03 Bupati Kampar Sidak Pelayanan Kependudukan Di Diskdukcapil
    04 Anggota DPRD Siak Menilai Pembatalan Oleh Timwas Pilkampung Itu Cacat Hukum
    05 Kades Gagal Dilantik, Komisi 1 DPRD Siak Gelar Hearing Bersama DPMK, Kabag Hukum dan Camat
    06 Bupati Amril Mukminin Dan Kasmarni Ditabalkan Menjadi Datuk Seri Setia Amanah Junjungan Negeri
    07 Mantan Kades Bukit Batu Resmi Ditahan Kejari Bengkalis
    08 LSM Penjara Minta Kejari Usut Penggunaan dan Peruntukan Dana KONI Bengkalis 2019
    09 Masyarakat Rupat Menyambut Antusias Nur Azmi Hashim Balon Wakil Bupati Favorit dari Kalangan Politis
    10 Antuasias Pecinta RX-King Senusantara Menghadiri Acara Anniversary Satu Dekade KRC-Riau
    11 BAZNAS Kab Bengkalis Umumkan Kelulusan Peserta Da'i Pesisir
    12 Anggota DPR RI Drs.H.Achmad, M.Si Hadiri Resepsi Pernikahan Yudi/Suci
    13 Polsek Tapung Hulu Kembali Ciduk 2 Orang Diduga Pengedar Shabu di 2 Lokasi Berbeda Kabupaten Rohul
    14 Diskominfotik Dan BKPP Gelar Rapat Rencana Penerapan SKP Daring Tahun 2020
    15 Bupati Catur Sugeng Tekankan Program Sesuai Misi dan Visi Bupati Kampar
    16 Anak Usia 9 Tahun, Disetubuhi Ayah Kandung Hingga 3 Kali
    17 Peduli Kesehatan Balita dan Ibu Hamil, Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/BS Posyandu di Perbatasan
    18 Pemerintah Kecamatan Gelar Sertijab Camat Bukit Batu
    19 Satu Perempuan Diantara Tiga Pelaku Jaringan Narkoba di Perawang Diringkus Polisi
    20 Sembilan Orang Dinyatakan Lulus Seleksi Administrasi Da'i Pesisir Baznas Bengkalis
    21 2 Tersangka TP Tepikor UED SP Bukit Batu Resmi Di Tahan Kejari Bengkalis
    22 KONI Bersama Bupati Bengkalis, Membahas Persiapan PORKAB
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI