Jumat, 06-09-2019 - 11:42:50 WIB
Follow Us ON :
 
 
| 29 Februari PWI Taja Porwada Catur | | Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020 | | Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri | | Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja | | Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai | | Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
 
Kisah Dibalik Sukses Zulfi Mursal SH, Satu-Satunya Legislator Siak Yang Lolos Ke Provinsi Riau
Jumat, 06-09-2019 - 11:42:50 WIB

TERKAIT:
 
  • Kisah Dibalik Sukses Zulfi Mursal SH, Satu-Satunya Legislator Siak Yang Lolos Ke Provinsi Riau
  •  

    PEKANBARU, DELIKRIAU — Zulfi Mursal SH menjadi satu-satunya politisi Siak yang lolos sebagai anggota DPRD Provinsi Riau. Hari ini, Jumat (6/9/19) mantan ketua DPRD Siak periode 2014-2019 ini resmi dilantik sebagai anggota DPRD Provinsi Riau. Ini adalah debut pertamanya di Ranah Legislatif Provinsi setelah 3 periode menduduki kursi DPRD Siak. Suami Syafniyanti ini maju sebagai anggota DPRD Provinsi Riau dari dapil Riau VI, Siak-Pelalawan, Partai Amanat Nasional (PAN).

    Terlahir dari keluarga sederhana yang agamis dengan bingkai kemandirian yang diterapkan orang tuanya sejak usia dini, berbuah manis. Kini, setelah malang melintang ditubuh berbagai organisasi, baik kepemudaan, ormas dan partai politik, pria sederhana asal Kecamatan Sungai Apit ini kembali dipercaya masyarakat untuk memikul amanah mulia.

    Karir politik Zulfi bermula ketika dirinya bergabung dengan PAN dan lalu terpilih sebagai anggota DPRD Siak diawal berdirinya Kabupaten Siak (periode 1999-2004). Sempat istirahat satu periode (2004-2009) saat pemilihan anggota Legislatif memakai sistim nomor urut. Periode berikutnya 2009-2014 dan periode 2014-2019 berturut-turut Zulfi terpilih lagi.

    bahkan tanggal 15 Juni 2011, menjadi hari bersejarah bagi Zulfi, dimana dirinya resmi dilantik sebagai ketua DPRD Siak menggantikan ketua DPRD lama  H.Chairuddin Yunus yang meninggal dunia karena sakit.

    Sakralitas prosesi pelantikan dalam Rapat Paripurna Istimewa di Ruang sidang utama gedung Panglima Ghimbam yang dihadiri hampir 5000 undangan kala itu, seolah mengukuhkan sebuah pengakuan akan integritasnya selaku politisi muda yang cemerlang.

    Mengingat masa kecilnya yang penuh keprihatinan dengan segala keterbatasan materi keluarganya, membuat politisi PAN kelahiran 1973 ini tidak berhenti bersyukur atas segala yang telah dianugerahkan Allah SWT kepadanya.

    baginya, apa yang dialaminya dimasa lalu, adalah jembatan dariNya yang harus dititinya sebelum mencapai pulau harapan. “Jangan pernah salah sangka terhadap apa yang menimpa kita, karena kadang Allah SWT memberi sesuatu untuk kebaikan kita melalui hal hal yang kita anggap tidak baik. Intinya, jangan Suudzon pada Allah, Dia lebih tahu apa yang terbaik buat umatnya,” tuturnya.

    Mantan Kepala Sekolah Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Muhammadiyah Sungai Apit ini mengaku akan berupaya sebaik mungkin dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat demi kemaslahatan masyarakat.

    bahkan tanggal 15 Juni 2011, menjadi hari bersejarah bagi Zulfi, dimana dirinya resmi dilantik sebagai ketua DPRD Siak menggantikan ketua DPRD lama  H.Chairuddin Yunus yang meninggal dunia karena sakit.

    Sakralitas prosesi pelantikan dalam Rapat Paripurna Istimewa di Ruang sidang utama gedung Panglima Ghimbam yang dihadiri hampir 5000 undangan kala itu, seolah mengukuhkan sebuah pengakuan akan integritasnya selaku politisi muda yang cemerlang.

    Jabatan adalah amanah, tentu harus berupaya sekuat tenaga untuk mewujudkan harapan masyarakat demi Riau kedepan. Dukungan dari masyarakat juga sangat menentukan karena tanpa masyarakat, kita bukanlah siapa-siapa. Insha Allah, selaku wakil rakyat akan berorientasi pada kepentingan rakyat,” tandasnya..

    Ditanya kiat suksesnya, pria ramah yang masa kecilnya sempat berjualan buah ini tersenyum. Sejenak terdiam lalu berujar, “Didikan orang tua yang menanamkan kemandirian sejak kecil,” ujarnya.

    Kemandirian yang ditanamkan sejak dini, lanjutnya, telah membentuknya menjadi pribadi mandiri. itu dibuktikannya dengan membiayai diri sendiri saat menempuh pendidikan sehingga  tidak melulu mengandalkan orang tua.

    “Waktu SD, saya membantu orang tua dengan berjualan buah. Buahnya, bukanlah dapat membeli, tapi hanya bergantung pada tanaman yang ditanam ayah dikebun, atau menjualkan punya tetangga. Jadi tidak tentu dan sangat tergantung musim. Musim rambutan saya jual rambutan, musim durian ya jual durian, kadang nangka belakang rumah pun saya jual berkeliling dengan mengayuh sepeda ontel,” ungkapnya mengenang masa sulitnya dahulu.

    Menjadi pedagang musiman dilakoninya hingga tamat SD. Yang lebih terenyuh,kala memasuki tingkat MTs. Lagi-lagi demi meringankan beban orang tua dan study nya, Zulfi kecil mesti melakoni pekerjaan “nyupir” alias “nyuci piring” di kedai lontong orang setiap pagi hingga siang. Kebetulan Sekolahnya masuk sore. Setelah ditingkat MA, barulah dirinya banting setir menjadi guru les/prifat ngaji dari satu keluarga ke keluarga lain. “Intinya, asal halal, apapun saya lakukan demi membantu orang tua dan kelanjutan study,” kisah pria kelahiran Sungai Apit 1973 ini.

    Awan kelabu telah berlalu, kini langit benderang serta jalan lapang membentang. Walau untuk semua itu, jejak-jejak kakinya mesti menapaki onak duri, bertungkul lumus di ranah pendidikan, organisasi hingga partai politik dengan segala suka dukanya.

    Berakhirkah perjuangannya ?, “Tidak ! andaipun ini puncak karir, namun bukan titik akhir perjuangan. Bahkan inilah genderang yang harus selalu saya dengungkan demi menampung aspirasi masyarakat agar hak-haknya tidak terabaikan dan terpinggirkan,” tegasnya. (raf)



     
    Berita Lainnya :
  • Kisah Dibalik Sukses Zulfi Mursal SH, Satu-Satunya Legislator Siak Yang Lolos Ke Provinsi Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 29 Februari PWI Taja Porwada Catur
    02 Kasat Binmas AKP Hermawan Sosialisasi Pokdar Kamtibmas Polres Rohul Tahun 2020
    03 Bendahara PWI Bengkalis Tutup Usia Di RS Permata Hati Duri
    04 Dihadapan Kajati Riau Dan Kajari Bengkalis Ketua FORWARI Presentasikan Program Kerja
    05 Kajati Riau Teken MoU dengan Politeknik Negeri Bengkalis
    06 Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
    07 Warga Kecewa Usai Pemilihan Anggota BPD Se- Kecamatan Siak Kecil
    08 Pemerintah Pusat Sudah Kucurkan Dana BOS Rp 9,8 Triliun
    09 Selain Infrastruktur pendidikan dan kesehatan, Usulkan Program Peningkatan Ekomomi Kerakyatan
    10 Perusahaan Diminta Bersinergi Dalam Pembangunan Daerah
    11 H Muhammad Ditunjuk Mendagri dan Gubernur Sebagai Plt Bupati Bengkalis
    12 Kades Novri Jefrika lakukna Kegiatan Penimbunan Jalan Di Dusun Damai, Masyarakat Berterima Kasih
    13 Pengungkapan Kasus Perdagangan Kulit Dan Organ Harimau Sumatera Di Indragiri Hulu Oleh Polda Riau
    14 Plt Bupati Bengkalis Instruksikan ASN Tetap Laksanakan Tugas Utama Melayani Masyarakat dengan Baik
    15 Polres Siak Berhasil Gagalkan Peredaran Narkoba Dari Sumbar ke Tualang
    16 Gandeng Pakar dari UNRI Dan UIN Suska, Kapolda Riau Diskusi Karhutla 2020
    17 LAMR Bukit Batu Minta Rekruitmen Tenaga Kerja PT Pertamina Prioritaskan Anak Tempatan
    18 Kompol Arvin Hariayadi Segera Menindak Tegas Peredaran Miras Di Mandau Bengkalis
    19 Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Jalan Tol Pekanbaru-Sumbar Didampingi Bupati Kampar
    20 Bupati Kampar Serahkan langsung Bantuan Untuk Korban Kebakaran Rumah
    21 Jubir BBDM Sulaiman Minta Tindak Tegas Bila Ada Oknum Yang Menghambat Penyaluran Hak Masyarakat
    22 Siswa SMPN 3 Lubuk Basung Antusias Ikuti Sosialisasi Hukum Dari Kejari Agam
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © DELIK RIAU - SITUS BERITA INVESTIGASI